Monitoring Perhutanan Sosial di Wilayah KPH Tabalong - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

Monitoring Perhutanan Sosial di Wilayah KPH Tabalong

Diterbitkan

pada

Dinas Kehutanan melakukan monitoring Perhutanan Sosial Foto : Dishut

BANJARBARU, Dinas Kehutanan melaksanakan kegiatan monitoring Perhutanan Sosial (PS) di KPH Tabalong selama dua hari, 26 – 27 September 2018. Tim mengarsipkan data berkas Jemput Bola kegiatan verifikasi teknis dan berita acara vertek yang sudah di laksanakan pada bulan Juli dan Agustus lalu.

Usulan fasilitasi dari KPH Tabalong untuk bulan September sebanyak 3 lokasi yaitu HD Nalui seluas 139 Ha dan KK di desa Kanaan dan Gunung Batuah. Kemudian vertek sebanyak 3 lokasi yaitu KK di desa Purui 130 Ha, desa Kaong 30 Ha dan desa Lano 94 Ha.

Berdasarkan informasi dari KRPH, sebanyak 4 desa masih belum sepenuhnya setuju dengan kegiatan PS yakni desa Mangkupum, Desa Pangelak , Desa Lumbang dan Desa Kampung Baru. Terkait hal tersebut, perlu dilakukan sosialisasi yang lebih intensif dari berbagai pihak Dinas Kehutanan, BPSKL dan Pokja PPS Kalsel.

Tim juga melakukan cek lokasi pengembangan usaha hutan desa di HPHD Lano.1 dimana sudah mendapatkan fasilitasi lebah kelulut pada tahun 2017 sebanyak 10 stup yang sampai bulan September ini sudah panen sebanyak 7 kali dengan total madu yang didapat sebanyak 24,5 liter. Selain itu di HPHD Lano terdapat sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebanyak 200 KK. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan