Mobil Pusling Pal 6 Ramadhan Tetap Jalan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Mobil Pusling Pal 6 Ramadhan Tetap Jalan

Diterbitkan

pada

Layanan mobil Pusling Pal 6 di Taman Bermain Bawah Jembatan Banua Anyar. Foto : ammar

BANJARMASIN, Perpustakaan Keliling (Pusling) inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Selatan menginginkan edukasi cepat dan masuk ke lingkup masyarakat perkampungan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan Dra Hj Noorliani Dardie mengatakan, sebuah inovasi edukasi yang sangat diinginkan masyarakat Kalsel menjangkau pembaca anak maupun orang dewasa tetap berjalan selama Ramadhan. Pusling merupakan wadah ngabuburit yang sangat bagus untuk mengisi waktu luang bersama anak.

“Sudah tiga hari kami berada di taman bawah jembatan Banua Anyar untuk memberikan sarana belajar yang menyenangkan khusus untuk anak-anak, bagi orang tua pun sangat terbantu untuk membawa anak untuk rekreasi edukatif di bulan Ramadhan,” katanya.

Ditambahkannya, sebelumnya Pusling pertama bulan puasa sudah bergerak hampir keseluruh wilayah kota Banjarmasin, Banjarbaru dan beberapa kabupaten lainnya. Setiap satu Pekan sekali Pusling menyempatkan untuk berkunjung ke Lapas Klas IIA Kota Banjarmasin untuk menghibur para warga binaan disana.

“Ini saja Lapas Karang Intan mau minta dikunjungi lagi, semoga bisa merapat ke sana,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah Kalimantan Selatan Ramadan mengatakan, mobil Pusling melakukan kunjungan setiap sore untuk mengisi waktu untuk masyarakat menunggu berbuka puasa sebelum di Taman Bermain Bawah Jembatan Banua Anyar. “Kami juga berada di Siring 0 Km, Lapas, Panti asuhan, Pasar Ramadhan pokoknya di tempat para masyarakat berkumpul saat menunggu jelang buka puasa. Ini merupakan visi misi gubernur untuk masyarakat kalsel bisa mendapatkan edukasi yang baik,” bebernya.

Untuk armada yang dimiliki yakni dua unit mobil Pusling, pada tahun depan akan dianggarkan lagi untuk 4 unit mobil pusling yang besar dari yang sekarang.

“Ada satu unit mobil pusling lagi belum kita ambil hadiah dari Perpusnas,” katanya.

Tambahkannya, untuk jangkauan Kabupaten lainnya di Kalsel akan dicoba terus agar masyarakat daerah bisa merasakan fasilitas ini, selain itu juga ada tersedia aplikasi yang bisa didownload iKalsel dan ipusnas. “Sementara masyarakat daerah bisa menikmati fasilitas melalui aplikasi yang tersedia,” singkatnya. (ammar)

Bagikan berita ini!
  • 20
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan