Meriahnya Menyambut Tahun Baru 1 Muharram di Banjarmasin - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Meriahnya Menyambut Tahun Baru 1 Muharram di Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Kemeriahan acara pawai tahun baru 1 Muharam yang dikemas dalam Banjarmasin Night Carnival. Foto: mario

BANJARMASIN, Kegiatan Banjarmasin Night Carnival diadakan oleh Pemerintah Kota dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijiriah. Acara ini juga merupakan salah satu dari rangkaian peringatan hari jadi Banjarmasin ke- 492. Banjarmasin Night Carnival dihadiri Walikota Ibnu Sina.

Acara ini diikuti oleh 31 grup dengan jumlah personel hampir mencapai 600 orang. Tahun ini jumlahnya bertambah jika dibandingkan sebelumnya yang hanya mencapai 15 grup dengan jumlah personel sekitar 200 orang.

Banjarmasin Night Carnival yang dimulai pukul 20.00 Wita ini juga menyiapkan hadiah hingga total Rp 65 juta bagi peserta. Baik kelompok maupun perseorangan. Selain uang tunai, ada pula hadiah-hadiah hiburan berupa merchandise yang sudah disiapkan.

Kegiatan ini diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda, dan bahkan Kabupaten Tanah Laut pun ikut berpartisispasi.  Kegiatan dibuka dengan kata sambutan Walikota Ibnu Sina. Ia  mengingatkan agar semua peserta yang hadir untuk tetap menjaga ketertiban, kenyamanan, dan kebersihan lingkungan. Ia juga kembali mengingatkan untuk mewujudkan visi Banjarmasin Baiman. “Semoga Banjarmasin kita menjadi kota yang aman dan damai. Juga, wujudukan visi Banjarmasin Baimaan. Banjarmasin barasih wan nyaman,” katanya.

Ia juga berharap agar tahun depan kegiatan ini bisa menjadi sebuah satu rangkaian kesatuan dengan hari jadi festival Kemilau Banjarmasin Bungas di sepanjang sungai Martapura. “Apalagi (melihat) antusiasme masyarakat kita demi sebuah tradisi masyarakat Banjar dalam memasuki Tahun Baru Islam. Mudah-mudahan ini menjadi sebuah tanda bagi seluruh warga kota, ayo kita sukseskan pembangunan kota Banjarmasin. 492 tahun usia kota kita di bulan September ini. Semoga Banjarmasin tetap aman dan nyaman,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar setiap warga Banjarmasin ikut berpartisipasi dalam mendukung suksesnya program pemerintahan kota Banjarmasin. Setelah itu H. Ibnu Sina beserta rombongan, diarahkan menuju ke sebuah mobil antik yang sudah dipersiapkan di barisan paling depan peserta karnival.

Bendera pun ia kibarkan sebagai simbol bahwa kegiatan Banjarmasin Night Carnival resmi dibuka dan disambut dengan kemeriahan dari masyarakat yang hadir. Rute yang dipersipakan oleh panitia untuk peserta karnival dimulai dari depan Kantor Walikota, lurus menuju jalan Lambung Mangkurat, kemudian belok ke jalan Merdeka, dilanjutkan belok kiri ke arah Hariono MT, dan kembali ke depan kantor Walikota.

Rute ini dirasa sudah cukup pendek. Hal ini dilakukan karena pihak panitia melihat bahwa peserta karnival banyak yang berjalan kaki. Untuk kriteria yang dilombakan dalam karnival sendiri yaitu ada lima: kekompakan, keunikan, kreativitas, penampilan, dan kesesuaian tema. (mario sumampow)

Reporter: Mario
Editor: Chhell

Bagikan berita ini!
  • 7
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan