Connect with us

HEADLINE

‘Menu Lengkap’ Gunung Pelawangan Awang Bangkal: Ada Trek Trail, Jalur Hiking hingga Bikepark-nya MTB

Diterbitkan

pada

Pemandangan dari atas puncak Gunung Pelawangan. Foto: al
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Pegiat alam bebas, mulai motor trail, sepeda gunung atau MTB, hingga para pendaki gunung di Banjarmasin dan sekitarnya, tak mudah menemukan lokasi untuk menyalurkan berkegiatan di alam bebas.

Seringkali, lahan bermain trail, trek MTB, dan jalur pendakian justru berada di luar ibu kota Kalsel. Misalnya di kawasan Kiram Park, Gunung Mawar, Kabupaten Banjar yang sudah terkenal, hingga kawasan Brigestone, Kabupaten Tanah Laut.

Sebenarnya, lokasi ideal untuk trek bermain trail, MTB maupun pendaki gunung hampir sama, punya kontur naik turun.

Alam terbuka menyediakan arena trek motor trail, MTB hingga hiking. Seperti halnya main trail, mampu menghipnotis berbagai kalangan, usia dan latar belakang menjadi ketagihan pada olahraga mamcu adrenalin ini.
Kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang boleh dijajal -dengan catatan didampingi ahli atau mentor.



 

 

Baca juga: RESMI. Pj Gubernur dan Forkopimda Terbitkan SE Wajib Tunjukkan PCR Negatif Saat Masuk Kalsel!

Trek Trail dan Bikepark MTB di Gunung Pelawangan

Keberadaan dan nama Gunung Palawangan sudah terkenal sejak zaman Kesultanan Banjar. Salah satu petunjuk kalau gunung ini sudah bernama Palawangan tempat ini termasuk dalam mitos yang tersebar turun temurun di masyarakat Banjar sejak ratusan tahun lampau.

Jalur trek trail dan sepeda gunung di Gunung Pelawangan, Awang Bangkal Timur. Foto: al

Masuk Pegunungan Meratus, kawasan Tahura Sultan Adam di bawah pengelolaan Dinas Kehutanan Pemprov Kalsel.
Gunung ini banyak ditumbuhi tanaman perdu serta bebatuan cadas. Gunung yang letaknya kurang lebih 57 Km dari kota Banjarmasin atau 23 km dari Kota Banjarbaru.

Gunung ini masuk wilayah Desa Awang Bangkal Timur, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Pemandangan dari atas puncak Gunung Pelawangan. Foto: al

Baca juga: Gelar Operasi Prokes Tim Gabungan Dapati 9 Pasangan Bukan Suami Istri di Hotel

Terbentang trek adventure untuk yang suka main motor garuk tanah, juga ada jalur bagi penghobi sepeda gunung atau MTB, atau yang lebih extreme lagi down hill, sambil menjelajah. Trek ini memiliki panjang kurang lebih 10-15 kilometer.

Jalur ini dimulai dari kaki Gunung Pelawangan, persis di ujung desa setelah menyeberang dari jembatan Awang Bangkal yang baru selesai dibangun Pemprov Kalsel.

Jika hendak mencicipi jalur ini, bisa melewati kawasan puncak Pelawangan dan berujung di poros utama jalan lintas Awang Bangkal-Batulicin.

Tidak gampang melewati jalur puncak Pelawangan ini. Jalurnya menanjak ditambah bongkahan batu besar di sepanjang jalur, dipastikan membuat adrenalin kembang kempis. Meskipun punya skill mengendarai motor trail atau MTB yang tinggi, tetap saja ada resiko besar yang dihadapi.

Medan lintas alam tetap membutuhkan ekstra kehati-hatian meskipun sudah sering dilalui. Kondisi jalur bisa berubah sewaktu-waktu oleh faktor alam, misalnya hujan, longsor atau pohon tumbang.

Jalur Khusus Trekking Para Pendaki di Gunung Pelawangan

Dari Desa Awang Bangkal Timur, bisa juga digunakan adalah kaki, ya, mulai dari Desa Awang Bangkal Timur harus berjalan kaki.

Membutuhkan waktu sekitar 15 menit melintasi perumahan warga Desa Awang Bangkal Timur, setelah itu melewati ladang penduduk, menapaki jalan setapak, bertemu flora khas pegunungan membuat udara yang dihirup terasa segar.

Baca juga: 95,4% Responden Pollingkita.com Setuju Kritik Ala Mahasiswa ke Presiden Jokowi

Menyusuri padang ilalang dan tanaman perdu khas pegunungan, menjadi santapan mata menghiasi jalur sepanjang trek. Terkadang tanaman perdu bisa menghambat langkah kecil para pendaki gunung.

Jalur trek trail dan sepeda gunung di Gunung Pelawangan, Awang Bangkal Timur. Foto: al

Diperlukan waktu dua jam menuju puncak Pelawangan bagi yang jalan kaki atau trekking, tentu letih dan perasaan tidak karuan yang menyertai panjangnya perjalanan yang menanjak. Namun setelah di puncak Pelawangan letih itu terbayar lunas.

Mau mencoba yang mana? Main trail, hiking atau MTB, semuanya tersedia di Gunung Pelawangan, tinggal pilih!. (kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->