Menggelorakan Budaya Hidup Sehat, Dinkes Banjar Peringati HKN - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Menggelorakan Budaya Hidup Sehat, Dinkes Banjar Peringati HKN

Diterbitkan

pada

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar gelar berbagai kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Alun-alun RTH Ratu Zalecha Martapura. Foto : rendy

MARTAPURA, Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar gelar berbagai kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Alun-alun RTH Ratu Zalecha Martapura, Selasa (20/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah mengatakan, Germas bertujuan untuk selalu menggelorakan kepada masyarakat Kabupaten Banjar budaya hidup sehat. Sehingga tidak rentan terhadap serangan penyakit.

“Peningkatan penyakit tidak menular dapat menurunkan kualitas SDM kita, berdampak pula pada besarnya beban pemerintah, sehingga sangat berpengaruh terhadap pembangunan sosial dan ekonomi,” jelasnya.

Lebih jauh Ikhwansyah menjelaskan, sekarang dihadapkan dengan tantangan yang cukup besar tentang permasalahan kesehatan, seperti adanya penyakit-penyakit infeksi, ISPA, TBC dan diare perlu menjadi perhatian bersama.

“Data stunting yang kita dapatkan di Indonesia Alhamdulilah menurun, namun terkait penyakit tidak menular di tempat kita masih tinggi, artinya Germas masih belum dilaksanakan secara teratur,” anggapnya.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan, prilaku hidup sehat itu harus dimulai dari sekarang, seperti memakan makanan yang bergizi seimbang dan olahraga yang teratur.

“Kita harus hidup sehat dengan memakan, makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayur sayuran, karena bagaimanapun pemikiran yang sehat akan terdapat tubuh yang sehat,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 7.30 Wita hingga pukul 12.00 Wita, Dinas Kesehatan Banjar menyediakan pelayanan gratis, diantaranya sunatan massal, imunisasi MR, cek kesehatan masyarakat dan lain sebagainya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!