Connect with us

Kabupaten Banjar

Membiasakan Anak Gemar Makan Ikan

Diterbitkan

pada

Ajakan masyarakat terus mengkonsumsi ikan lewat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Foto : rendy

MARTAPURA, Hari Ikan Nasional ke-5 Dinas Perikanan Kabupaten Banjar mengajak masyarakat gemar mengkonsumsi ikan lewat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Minggu (25/11) di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Ir Dondit Bekti mengatakan, Hari Ikan Nasional bertema “Dengan Protein Ikan Kita Membangun Bangsa” diharapkan bisa menciptakan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

“Peringatan Hari Ikan Nasional dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan, selain itu perikanan memiliki potensial yang perlu dimanfaatkan secara optimal,” ujarnya.

Dondit menyebut, berdasarkan laporan produksi perikanan tangkap di Kabupaten Banjar hingga triwulan ketiga mencapai 88 persen dari target 10 ton, sedangkan capaian produksi budidaya mencapai 91,2 persen dari target 50 ton, sedangkan produk olahan perikanan sudah mencapapai 90 persen dari 720 ton yang terdiri dari 37 Poklahsar.

“Gerakan gemar makan ikan merupakan gerakan moral yang memotifasi masyarakat khususnya anak-anak untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan dalam kesehatan,” kata Dondit.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Hari Ikan Nasional mengingat, pentingnya anak-anak untuk mengkonsumsi ikan karena kaya akan sumber vitamin, protein, omega 3 dan kebutuhan asupan gizi lainnya.

“Ikan sangat baik bagi pertumbuhan anak, karena ikan merupakan sumber makanan bergizi yang mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak,” kata Bupati. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!