Connect with us

Kota Banjarbaru

Masa Tenang Bawaslu Banjarbaru Patroli Siber, Awasi Pelanggaran di Media Sosial  

Diterbitkan

pada

Personel pengawasan melaksanakan apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan, dan perhitungan suara Pemilu 2024, Minggu (11/2/2024) sore, di Balai Kota Banjarbaru. Foto: medcenbjb

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Masa tenang jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ratusan personel pengawasan  bertugas di lima kecamatan di Kota Banjarbaru.

Dimulai hari ini Minggu (11/2/2024) hingga hari H pencoblosan, Bawaslu Banjarbaru bersama pengawas tingkat kecamatan dan kelurahan desa mengawasi segala jenis pelanggaran menjelang hari pencoblosan.

Termasuk, kata Ketua Bawaslu Banjarbaru, Nor Ikhsan, terkait adanya kegiatan kampanye yang dilakukan di media sosial.

Usai melaksanakan apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan, dan perhitungan suara Pemilu 2024, Minggu (11/2/2024) sore, Bawaslu Banjarbaru dan jajaran bekerjasama dengan personel Polres Banjarbaru melakukan patroli, termasuk patroli siber.

Ketua Bawaslu Banjarbaru, Nor Ikhsan. Foto: wanda

Baca juga: Krisis Iklim Tak Pernah Dibicarakan, Hati-hati Pilih Capres dan Cawapres 14 Februari Nanti

“Kita mengawasi termasuk di sosial media juga, karena tidak boleh ada lagi segala jenis kampanye apa pun itu, untuk itu di masa tenang ini kita turut  melakukan patroli di semua metode kampanye,” kata Ketua Bawaslu Banjarbaru, Nor Ikhsan usia apel siaga, Minggu (11/2/2024) sore.

Jika ada ditekukan pelanggaran tersebut, kata dia, pengawas akan melakukan penelusuran dan menelaah kesalahan mana yang dapat diberikan sanksi berupa imbauan dan teguran.

“Akan kita telusuri dulu, kita telaah kesalahannya dan akan kita beri sanksi teguran dan imbauan,” imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum mengatakan, sedikitnya ada 338 personel yang turut serta melakukan pengamanan dalam masa tenang ini.

Pengamanan tersebut meliputi di area Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan berkordinasi dengan jajaran KPPS hingga PPS.

Baca juga: 1.097 Pengawas Siaga Pengawasan Masa Tenang, Ini Pesan Pj Bupati HSU

“Kemudian melakukan patroli siber yakni pemantauan media sosial sekaligus mengidentifikasi seluruh berita hoax yang menyebabkan kegaduhan,” ujar Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum.

Kompol Winda menegaskan agar masyarakat dapat menjunjung tinggi semangat kebhinekaan meskipun berbeda pilihan dan pendapat.

“Kita tekankan larangan keras untuk menyebarkan berita hoax ini karena akan menimbulkan perpecahaan dan kegaduhan yang berpotensi pidana,” tegas dia.

Senada, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, meminta agar seluruh jajaran pengawas dapat berperan aktif memberikan pengawasan dengan kinerja yang terbaik agar segala yang dicita-citakan dapat tercapai.

“Kita berharap Pemilu 2024 ini berjalan dengan baik, dapat menghasilkan figur-figur pemimpin yang baik dan bisa memperjuangkan daerah, tentunya di setiap tahapan ini pengawasan juga menjadi yang terbaik,” tuntas Wali Kota. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email