Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Manfaatkan Musim Kemarau, Kelompok Tani Desa Tampakang Berhasil Panen Padi

Diterbitkan

pada

Kelompok Tani Berkat Mulia Desa Tampakang, Kecamatan Paminggir, Kabupaten HSU syukuran panen raya Gerakan Nasional (Gernas) percepatan tanam di lahan sawah, Selasa (7/11/2023). Foto: diskominfohsu

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Kelompok Tani Berkat Mulia Desa Tampakang, Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) panen padi memanfaatkan lahan rawa lebak yang mengering selama kemarau.

Syukuran panen raya dalam rangka Gerakan Nasional (Gernas) percepatan tanam berlangsung di lahan sawah Desa Tampakang, Selasa (7/11/2023).

Ketua Kelompok Tani Berkat Mulia Desa Tampakang, Ardiansyah, mengaku bersyukur dari kelompok tani yang berjumlah 30 anggota berhasil panen dengan memanfaatkan lahan seluas kurang lebih 24 hektare. Proses awal tanam padi tersebut dimulai pada Agustus lalu.

Baca juga: BREAKING NEWS! Lian Silas Ayah Gembong Narkoba Fredy Pratama Pemeriksaan Tahap II di Kejari Banjarmasin

“Dari 16 Kelompok Tani yang ada, Alhamdulillah, kelompok kami yang berhasil pada tahun ini panen raya dan tanam padi. Semoga hasil ini kedepannya bisa lebih ditingkatkan dan bisa ikut seperti kegiatan ini,” bebernya.

Ardiansyah berharap Pemkab HSU terus mendukung kemajuan perkembangan pertanian dengan memfasilitasi pintu air, mesin pompa, tempat penyimpanan alat pertanian hingga pelabuhan untuk menjamur padi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HSU, Masrai Swafajar Nejar, mengucapkan terima kasih kepada para petani yang telah bersusah payah dan berkorban untuk keberhasilan menanam padi hingga panen raya, meski wilayah Desa Tampakan didominasi dengan lahan perairan.

Kendati kawasan Desa Tampakang didominasi dengan air, ia berharap pemanfaatan lahan pertanian selama musim kemarau di Desa Tampakang ini dapat dijadikan contoh untuk desa lainnya dalam menanam padi dengan pola organik.

Baca juga: Pemkab HSU Gelar Penandatanganan Komitmen Bersama Anti Narkoba

“Mungkin di daerah lain bisa meniru pola menanam padi kawan-kawan yang ada di Desa Tampakang ini. Sehingga, setiap tahunnya tertanam dengan baik padi kita di Kabupaten HSU, ” katanya

Ia menyebut akan menindaklanjuti apa saja permasalahan maupun kekurangan segala peralatan pertanian di Desa Tampakang untuk segera difasilitasi.

Selain itu, ia juga berharap kepada para petani untuk selalu bersemangat dalam upaya bertani agar kedepannya dapat bertani kembali dengan menanam padi dengan pola 2 atau 3 kali.

Baca juga: Akun Instagram UIN Antasari Diretas Jadi Media Promosi, Rektorat Lapor Polisi

Kepala Seksi Serealia Padi dan Jagung Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Awitnu Susanto, mengatakan, potensi pertanian di Desa Tampakang akan dibantu dengan kegiatan program yang ada di provinsi. Seperti, program pengembangan padi rawa, padi inbrida, padi biofortifikasi, dan lain-lain.

“Akan kita alokasikan di Desa Tampakang ini supaya ketahanan pangan di sini terjamin. Sehingga, produksi padi dan pangan di Kabupaten HSU tetap meningkat,” tuturnya.(Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email