Connect with us

Kabupaten Tanah Bumbu

Lomba Bagarakan Sahur Ramaikan Mappanre Ri Tasi E di Pagatan

Diterbitkan

pada

Lomba Bagarakan Sahur yang berlangsung di panggung utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (20/4/2022) malam. Foto: ftr

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Meramaikan bulan Ramadhan 1443 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Lomba Bagarakan Sahur yang berlangsung di panggung utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (20/4/2022) malam.

Panggung budaya tahunan Mappanre Ri Tasi E tahun 2022 sebelumnya dibuka secara langsung oleh Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar menyajikan berbagai kegiatan yang dilangsungkan termasuk Lomba Bagarakan Sahur.

Data yang disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Lomba Bagarakan Sahur, Sodaqoh, ada 18 grup yang mengikuti lomba yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Kusan Hilir.

“Lomba itu merupakan event perdana, tentu masih banyak kekurangan dan hal yang perlu diperbaiki, maka segala saran dan masukan akan diterima,” kata Sodaqoh.



 

Baca juga  : Operasi Pasar Ramadhan DKUMPP Tanbu-TP PKK Jelang Lebaran

Sementara itu, Ketua Lembaga Ade Ogi, Fawahisah Mahabbatan menjelaskan, event budaya Mappanre Ri Tasi E tahun 2022 diisi dengan berbagai kegiatan.

Pada pelaksanan Mappanre Ri Tasi E tahun-tahun sebelumnya, Lembaga Ade Ogi bertanggung jawab dalam ritual adat saja. Namun, sesuai dengan arahan Bupati, maka untuk tahun 2022, semua rangkaian kegiatan dilaksanakan mereka.

Mappanre Ri Tasi E atau biasa disebut pesta pantai merupakan saat bergembira masyarakat Tanbu, terutama warga Pagatan. Karenanya, Fawahisah mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut pesta itu dan mendukung berbagai kegiatan hingga semakin semarak sampai dengan puncak kegiatan nanti.

 

Baca juga  : Bertukar Tempat dengan Anaknya, Desy Raihana Kabur Kelabuhi Petugas Rutan Barabai 

Sementara itu, Camat Kusan Hilir Aryanto Sani, saat melepas peserta lomba meminta agar para peserta memperhatikan keadaan jalan raya di sekitarnya.

“Saya minta peserta tetap rapi, agar pengguna jalan yang lain bisa lewat dengan aman dan nyaman. Tetap semangat dan jaga kekompakan, tampilkan atraksi dengan baik dan selamat sampai garis finish,” ujarnya. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->