Connect with us

Kabupaten Tanah Bumbu

Bertukar Tempat dengan Anaknya, Desy Raihana Kabur Kelabuhi Petugas Rutan Barabai 

Diterbitkan

pada

Desy Raihana tahanan Rutan Barabai yang sempat kabur ditemukan. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Sempat empat hari kabur dari Rutan Kelas IIB Barabai, Desy Raihana (29) ditemukan di rumah kerabatnya di Batulicin oleh tim Resmob Satreskrim Polres Tanah Bumbu, pada Jumat (22/4/2022) malam.

Tahanan titipan Kejaksaan Negeri (Kejari) Barabai dengan kasus Narkoba itu disebut-sebut melarikan diri dengan cara mengelabui petugas penjagaan Rutan Barabai dengan cara bertukar dengan anaknya yang sangat mirip dengan pelaku.

Semenjak ramai kabar di televisi dan pemberitaan media online dan cetak, warga dan petugas melakukan penyisiran di wilayahnya.

Seperti diketahui pelaku menyamar dengan mengelabui petugas Rutan Kelas IIB Barabai dan tinggalkan anak di ruangan, pada Senin (18/4/2022) sekitar pukul 10.30 Wita.



 

Baca juga  : Desy Raihana, Tahanan Kabur dari Rutan Kelas IIB Barabai Ditemukan di Tanah Bumbu

Menurut keterangan Kepala Rutan Barabai, Gusti Iskandarsyah, saat dikonfirmasi, berawal saat anak pelaku meminta bertemu ibunya.

Anak perempuan berusia 8 tahun berbadan bongsor itu datang bersama seseorang yang diakuinya sebagai paman. Namun, hanya mengantar sampai gerbang Rutan.

Kedatangan anak itu, kata Iskandar, saat petugas sedang melayani titipan barang makanan buat warga binaan. Melihat ada anak kecil ditinggal sendirian, dihampiri petugas.

Anak tersebut kemudian meminta bertemu ibunya. Sebelumnya, dilakukan pemeriksaan sesuai standar operasional.

 

Baca juga  : Stok Pangan di HSU Aman Jelang Lebaran, 10 Ribu Liter Migor Curah Segera Datang

Tak tega menolak, dengan alasan kemanusiaan, petugas pun membawa anak tersebut ke ruang berkunjung untuk bertemu ibunya. Jarak dari ruang berkunjung dengan kamar tahanan perempuan sendiri cukup dekat.

Setelah bertemu ibunya, beberapa menit kemudian sang anak minta ke toilet untuk buang air ditemani Desy.

Namun, kesempatan tersebut rupanya dimanfaatkan Desy untuk mengelabui petugas jaga. Di toilet, dia meminta bertukar baju dengan anaknya tersebut yang berinisial PR.

Selanjutnya, Desy keluar toilet dengan baju dan kerudung anaknya, kemudian memakai masker.

 

Baca juga  : Polres HSU Siagakan 106 Personil Pengamanan Operasi Ketupat Intan 2022 

Dengan menyamar seperti itu, dia pun keluar dan berhasil melewati petugas utama di pintu masuk. Sedangkan anaknya ditinggal dan terkunci di ruang wanita

“Sekitar dua menit kemudian, petugas jaga di pintu utama tadi baru sadar kalau yang keluar tadi bukanlah anak-anak, tapi orang dewasa. Lalu, menghubungi petugas jaga wanita. Ternyata benar yang keluar adalah tahanan yang dikunjungi anaknya,” kata Iskandar.

Selanjutnya, dilakukan upaya pengejaran. Namun karena tak tahu arah, sehingga tak berhasil. Atas kejadian ini, Iskandar pun mengakui kelalaian petugas jaga.

Menurutnya, ada petugas di pintu utama sebenarnya hanya petugas pengganti. Karena yang saat itu bertugas, minta izin tak masuk karena urusan keluarga. Petugas pengganti tersebut tak begitu paham SOP-nya seperti apa.

 

Baca juga  : Kejari Batola Geledah Kantor Camat Wanaraya, Sita Dokumen hingga Tanah

“Harusnya saat pulang, sidik jarinya kembali diambil dan maskernya juga wajib dibuka untuk dilihat. Sekitar dua menit kemudian, petugas jaga di pintu utama tadi baru sadar kalau yang keluar tadi bukanlah anak-anak, tapi orang dewasa. Lalu, menghubungi petugas jaga wanita. Ternyata benar yang keluar adalah tahanan yang dikunjungi anaknya,” kata Iskandar.

“Untuk perawakan dan wajah, sekilas memang mirip, termasuk tinggi badannya. Apalagi pakai masker,” imbuh Iskandar.

Untuk kelalaian tersebut pihaknya pun meminta maaf dan sudah berkoordinasi dengan Polres HST untuk pencarian terhadap tahanan bernama Desy ini.

Selanjutnya, dilakukan upaya pengejaran. Namun karena tak tahu arah, sehingga tak berhasil.

 

Baca juga  : Warga Trans Sinar Baru Batola Terima CSR Sembako dari PT PBB 

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh awak media, pelaku yang kabur tersebut sudah berhasil diamankan oleh tim Resmob Satreskrim Polres Tanah Bumbu pada Jum’at (22/4/2022) malam.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo melalui Kasi Humas AKP H Iberahim Made Rasa yang didampingi Kasat Reskrim AKP Wahyudi Erfan kepada awak media menyampaikan, Sabtu (23/4/2022), berhasil mengamankan pelaku yang kabur dari tahanan Rutan Kelas IIB Barabai tersebut.

“Iya, benar malam tadi tim Resmob Satreskrim Polres Tanah Bumbu yang dipimpin Bripka Robinson telah berhasil mengamankan Desy Raihana pada sebuah rumah di Kecamatan Simpang Empat,” katanya.

Pelaku diamankan berkat kerja keras Unit Resmob Satreskrim Polres Tanah Bumbu yang melakukan penyelidikan serta pengintaian atas kecurigaan keberadaan pelaku yang diduga bersembunyi di Tanah Bumbu usai melarikan diri dari Rutan Kelas IIB Barabai.

 

Baca juga  : Kepala Balita Terjebak Kaleng Wafer, Antara Kasihan Atau Ngakak

Penyelidikan Unit Resmob pun membuahkan hasil, benar saja pelaku Desy Raihana sedang bersembunyi pada sebuah rumah yang diduga kerabatnya di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Mendapatkan kepastian Unit Resmob tak mau membiarkan berlarut dan langsung melakukan penangkapan terhadap Desy Raihana tersebut.

Kini pelaku kasus narkoba yang merupakan tahanan Rutan Kelas IIB Barabai tersebut sudah diamankan oleh tim Resmob Satreskrim Polres Tanah Bumbu guna pengembangan lebih lanjut terkait siapa yang saja yang turut membantu pelaku melarikan diri sampai ke Tanah Bumbu. (kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : cell

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->