Connect with us

Kota Banjarbaru

Layanan Transportasi Umum di Banjarbaru, Pemko Usul Hibah Bus dari Kemenhub

Diterbitkan

pada

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin saat berada di kantor Kemenhub RI, Senin (7/6/2021). Foto: humprobanjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Upaya menyediakan layanan transportasi massal, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru usulkan bantuan hibah bus kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Usulan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima operasional bus oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dengan Direktur Angkutan Kemenhub RI, Ahmad Yani disaksikan langsung Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi di Jakarta, Senin (7/6/21).

Kunjungan ke kantor Kemenhub RI, Wali Kota Banjarbaru didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie serta Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Transportasi, Adi Surya Noor.

Setelah pertemuan, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mengatakan, masih banyak kekurangan di bidang transportasi publik di Kota Banjarbaru. Saat ini lanjutnya, transportasi umum yang beroperasi di Banjarbaru hanya Organisasi Angkutan Darat (Organda).



“Itupun hanya beberapa jalur, beberapa trayek, jadi tidak semua terlayani fasilitas angkutan umum,” ujar Aditya.

Kondisi itu, mau tak mau Pemko Banjarbaru harus berusaha meningkatkan layanan transportasi umum ini agar mobilitas masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Menurutnya, budaya masyarakat yang biasa menggunakan kendaraan pribadi mesti diubah ke arah untuk menggunakan transportasi publik.

“Ini sudah dimulai pak Yani Makkie sebagai Kadishub, kita di Banjarbaru sudah melaksanakan angkutan pelajar gratis sejak tahun 2017. Tetapi memang hanya beberapa sekolah yang bisa terlayani,” kata Wali Kota.

Pemko Banjarbaru setidaknya masih membutuhkan bantuan hibah bus dari pusat untuk menambah sarana angkutan bus yang saat ini berjumlah 6 unit.

“Usulan yang kita sampaikan, Alhamdulillah disambut positif termasuk usulan area trafic control sistem (ATCS) juga kita usulkan. Semoga ke depan kita bisa maksimal melayani masyarakat secara lebih luas,” tutupnya. (kanalkalimantan.com/al)

 

Reporter : Al
Editor : Kk

 

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->