Connect with us

Kabupaten Kapuas

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

Diterbitkan

pada

Pelayanan kesehatan dasar di Posyando terintegrasi di Desa Manusup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas. Foto: ags

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Manusup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Posyandu menjadi program kesehatan dasar yang ditujukan untuk memantau dan meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada kelompok balita (anak usia 0-5 tahun) dan ibu hamil.

Kepala Desa Manusup, Rinto mengatakan, pemerintah desa menerapkan Posyandu terintegrasi, mulai dari pelayanan dasar kesehatan dan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak.

Baca juga: PUPR Kalsel Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Administrator SIPJAKI

Posyandu terintegrasi semakin mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Satu atap kegiatan pelayanan Posyandu terintegrasi antara lain Posyandu balita, Posyandu kelas ibu hamil (Bumil), Posyandu remaja (Posrem), Posbindu Penyakit Tidak Menular.

Rinto juga memberikan semangat kepada seluruh kader yang telah membantu sehingga terlaksananya kegiatan dan saling membantu.

Baca juga: Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

“Para orangtua agar memeriksakan kesehatan balitanya, melihat tumbuh kembang anaknya, dan kepada lansia untuk pemeriksaan dini,” ujar Rinto.

Selain itu, masalah stunting akibat kurang asupan gizi dalam jangka waktu panjang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

Baca juga: Penjual Tuak di Kelurahan Bangkal Ditangkap Polisi

“Bersama kader dan tim kesehatan Puskesmas terus menyosialisasikan stunting dan memberikan makanan bergizi untuk pencegahan stunting kepada balita di Desa Manusup,” pungkas Rinto. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter: ags
Editor: kk


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->