Kursi Roda dan Tesis Fisikawan Stephen Hawking akan Dilelang - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Kursi Roda dan Tesis Fisikawan Stephen Hawking akan Dilelang

Diterbitkan

pada

Kursi roda Hawking dilelang bersama tesisnya Foto : net

Kursi roda canggih milik mendiang Stephen Hawking dilelang di sebuah balai lelang di Inggris. Balai lelang tersebut adalah Christie’s. Selain kursi roda, ada beberapa benda milik Hawking lain yang diumumkan secara online sejak Senin (22/10), waktu Inggris.

Di antaranya, yaitu salah satu salinan dari lima tesis doktoralnya tentang asal-usul alam semesta di Cambridge University yang ditulis pada 1965, penghargaannya, naskah episode The Simpsons yang menampilkan Hawking, dan makalah ilmiah berjudul “Spectrum of Wormholes dan Fundamental Breakdown of Physics in Gravitational Collapse”.

“Tulisan-tulisan Hawking tersebut merekam perkembangan pemikiran dan kecerdasannya,” ujar Thomas Venning, Kepala Bagian Buku dan Manuskrip Christie’s, seperti dilansir laman Daily Mail.

Venning menyebut salinan tesis doktoralnya akan dilelang mulai dari harga US$ 130 ribu (setara Rp 198 juta). Menurut Venning, tesis ini adalah manuskrip kunci evolusi ilmiah Hawking. Namun, belum ada keterangan berapa harga kursi roda dan barang-barang lainnya.

Fisikawan Inggris, Stephen Hawking, dikremasi dan abunya dikubur di Westminster Abbey, London, Inggris, di dekat makam ilmuwan Isaac Newton. Hawking meninggal pada 14 Maret 2018 dalam usia 76 tahun.

Hawking merupakan salah satu fisikawan dunia yang sangat berprestasi meski menderita amyotrophic lateral sclerosis atau ALS, yakni kondisi terserangnya sistem saraf yang bisa mematikan sel-sel di dalam otak dan sumsum tulang secara perlahan.

Stephen Hawking menghabiskan hampir seluruh hidupnya di kursi roda. Selain terkenal karena teori-teorinya, fisikawan dari Universitas Cambridge, Inggris, ini tercatat sebagai salah satu penderita ALS yang paling lama bertahan hidup.(cel/dml/tmp)

Reporter : Cel/dml/tmp
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan