Connect with us

HEADLINE

Kumandang Adzan Lepas Keberangkatan CJH Banjarbaru, Jemaah Termuda Umur 20 Tahun

Diterbitkan

pada

Calon jemaah haji Kota Banjarbaru dilepas keberangkatannya menuju Asrama Haji Banjarmasin, Senin (13/6/2022). Foto: ibnu

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Banjarbaru diberangkatkan menuju asrama haji embarkasi Banjarmasin, Senin (13/6/2022) pagi.

Kumandang adzan melepas keberangkataan CJH Kota Banjarbaru. Pelepasan dilakukan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono secara langsung kepada 67 CJH Kota Banjarbaru.

Momen mengharukan menyelimuti pelataran Masjid Agung Al Munawwarah saat keluarga jemaah menyaksikan para CJH yang mulai memasuki bus untuk diberangkatkan ke Embarkasi Haji Banjarmasin.

 



 

Baca juga: Siring Ponpes Darussalam Dibangun, Hindari Penurunan Bangunan Akibat Tergerus Air

Berdasarkan jadwal keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Embarkasi Banjarmasin tahun 1443 H / 2022 M, CJH asal Kota Banjarbaru yang tergabung dalam Kloter 2 dijadwalkan masuk Embarkasi Banjarmasin pada Senin 13 Juni 2022 sekitar pukul 08.00 WITA dan akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor pada Selasa 14 Juni 2022.

Sebelum diberangkatkan menuju asrama haji Banjarmasin, pelepasan CJH Kota Banjarbaru diawali dengan shalat hajat dan shalat subuh berjamaah di Masjid Agung Al-Munawwarah Kota Banjarbaru.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Banjarbaru, H Ahmad Syauqi menerangkan pelepasan CJH asal Banjarbaru sebanyak 67 orang dan dilepas secara langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru.

Calon jemaah haji Kota Banjarbaru dilepas keberangkatannya menuju Asrama Haji Banjarmasin, Senin (13/6/2022). Foto: ibnu

“CJH asal Banjarbaru 68 orang, satu orang gabung dengan saudara di Kabupaten Banjar jadi yang diberangkat ini 67 orang,” ujarnya.

Dilanjutkan Syauqi, mengenai persyaratan CJH Kota Banjarbaru sudah disiapkan semua dan paspor akan diserahkan di Asrama Haji Banjarbaru. Kemudian CJH Kota Banjarbaru sudah melaksanakan tes PCR pada Sabtu (11/6/2022) yang hasilnya keseluruhan negatif

Baca juga: 162 Jemaah Calon Haji HSU Jalani Tes PCR

“Yang paling penting kemarin dilaksanakan PCR dan Alhamdulillah semua negatif,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Banjarbaru, H Mahrus mengatakan, CJH Kota Banjarbaru dari 68 orang terdapat CJH tertua dengan umur 63 tahun dan termuda 20 tahun. Jemaah aki-laki 31 orang dan perempuan 37 orang.

“CJH Banjarbaru akan tergabung di Kloter 2 embarkasi Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar, HST dan HSS,” ujarnya.

“Masuk asrama haji hari ini, akan berangkat ke Madinah pada Selasa 14 Juni 2022,” sambungnya.

CJH Kota Banjarbaru termuda umur 20 tahun asal Cempaka, Rifki Firdaus merasa gugup sebab dirinya paling muda di antara para jemaah lainnya.

“Sedikit gugup, sambil belajar dan membawa serta membaca buku untuk persiapan manasik haji,” ujarnya.

Di tempat yang sama, hadir secara zoom meeting Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menyampaikan beberapa pesan ke sejumlah CJH sebelum rombongan tersebut di lepas untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Hal penting yang perlu diperhatikan, laksanakanlah ibadah haji ini dengan khusyuk, tertib serta mentaati peraturan dan jadwal yang telah ditetapkan serta mengikuti petunjuk dan paduan yang telah diberikan oleh penyelenggara haji,” ujarnya.

Aditya mengatakan para CJH Kota Banjarbaru harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi di sana. Kemudian, hilangkan sikap egois, bangun persamaan dan perkuat persaudaraan

Baca juga: Petugas Jalan Kaki 4-6 Jam, Layanan Home Care Balangan Jangkau Dusun Terpencil

“Buang jauh-jauh sikap arogan, saling menghormati serta tunjukkan pigur jamaah haji Indonesia yang santun dan berakhlakul karimah,” tuntasnya.

Tak lupa, Aditya mendoakan keselamatan dan kesehatan dalam menghadapi perubahan cuaca di Tanah Suci dan semoga menjadi haji yang mabrur. (Kanalkalimantan.com/Ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->