Connect with us

Kabupaten Banjar

Kontes Durian dan Buah Eksotik Akan Digelar Kembali di Danau Tamiyang

Diterbitkan

pada

Kontes durian dan buah eksotik Kalsel akan kembali di gelar di Desa Mandikapau Barat. Foto: dok

MARTAPURA, Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan pada tanggal 23 Januari 2019 akan diserbu ratusan Durian Lover dari berbagai daerah di Kalsel. Tempat wisata yang terkenal dengan keindahan danaunya tersebut akan dijadikan lokasi Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar, M Fachry mengatakan, bulan ini adalah musim panen durian yang diprediksi hingga sekitar Februari 2019 mendatang. Sementara Kabupaten Banjar merupakan sentra produksi durian terbesar di Kalsel, tercatat ada enam kecamatan sebagai sentra produksi durian yakni Karangintan, Aranio, Pengaron, Sungaipinang, Sambungmakmur dan Simpangempat.

Adapun kontes durian dan gelar buah eksotik Banjar yang dilaksanakan nantinya merupakan atas kerjasama Dinas TPH, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kominfo dengan Pemerintahan Desa Mandikapaubarat.

“Kegiatan ini kita tujukan dalam rangka upaya mencari varietas durian unggul lokal yang mungkin selanjutnya dapat didaftarkan ke Kementerian Pertanian dan sekaligus menjadi varietes unggul baru, menyusul beberapa varietes yang sudah menjadi varietes unggul nasional,” jelasnya.

Lebih jauh Fachry mengatakan adapun alasan memilih lokasi di obyek wisata Danau Tamiyang Kecamatan Karangintan adalah sekaligus lebih mengenalkan obyek wisata danau yang indah. Ada jembatan ditengahnya serta parkir luas dan jalan sudah aspal. Sehingga kawasan wisata itu semakin dikenal masyarakat luas.

Adapun persayaran untuk mengikuti lomba tesebut diantaranya semua buah yang ikut lomba tidak pernah menjadi juara kontes dan berasal dari dari Kabupaten Banjar. Calon peserta wajib menyertakan 3 buah durian dari varietas khas dengan ukuran relatif sama.

“Memang ada beberapa persyaratan seperti diantaranya belum pernah juara pada kontes sebelumnya, perserta dan pohon durian berada diwilayah Kabuapten Banjar dan mendaftar paling lambat 2 hari sebelum kontes,” bebernya.

Para juara nantinya akan mendapat hadiah, trofi, dan dijanjikan masuk varietas unggul yang didaftarkan secara resmi. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares