Kloter Terakhir Jamaah Haji Kalsel Tiba di Bandara Syamsudin Noor - Kanal Kalimantan
Connect with us

RELIGI

Kloter Terakhir Jamaah Haji Kalsel Tiba di Bandara Syamsudin Noor

Diterbitkan

pada

Kloter terakhir jamaah haji Kalsel tiba di bandara Syamsudin Noor Foto: rico

BANJARBARU, Jamaah haji dari kelompok terbang 17 atau kloter terakhir debarkasi Kalsel hari ini tiba di Bandara Syamsudin Noor, Senin (24/9) pukul 08.47 Wita. Sebanyak 324 jamaah tiba dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-200 dengan nomor penerbangan GA 8217.

Tercatat dari 3.886 jamaah haji ada 3.863 jamaah debarkasi Banjarmasin yang telah tiba di Tanah Air. Prosesi pemulangan jemaah haji debarkasi  Banjarmasin yang dimulai 30  Agustus hingga 25 September menyisakan 17 jemaah haji yang tergabung dengan jemaah haji Debarkasi Balikpapan & Padang dan akan tiba esok hari Selasa (25/9).

Sedangkan kedatangan Kloter 17 yang menjadi kloter penutup ini terisi jemaah haji asal kabupaten Tanah Laut, Barito Kuala dan Banjarmasin. Dari pantauan kanalkalimantan, terlihat sejumlah pejabat turut berhadir menyambut Kedatangan kloter terakhir ini seperti Gubernur Kalsel H. Sahbirin didampingi Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H. Noor Fahmi di apron bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Ka.Kanwil menyampaikan jemaah haji kloter 17 berjumlah 323 orang dan pada saat kedatangan berjumlah 324 orang.  “Bertambah 1 orang tanazul dari kloter 12 asal Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Hingga saat ini menurut Ka.Kanwil,jemaah haji debarkasi Banjarmasin yang masih sakit dan dalam perawatan di rumah sakit Arab Saudi sebanyak satu orang  dari kloter 02 atas nama H. Huderin Fauzi Pasi Yamani Bin Pasi Yamani asal Tapin.

Sementara jemaah haji yang meninggal dunia menurut pantauan Siskohat per 24 September pukul 00.00 Wita berjumlah delapan orang. “Enam orang dari Kalsel dan dua orang dari Kalteng,” jelas ka.Kanwil.

Setelah tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin jemaah haji diberangkatkan menuju asrama haji debarkasi Banjarmasin untuk proses penyambutan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan selanjutnya diberikan santapan khas soto Banjar sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Disisi lain PTS  General Manager Bandara Syamsudin Noor Suriganata menjelaskan seluruh rangkaian debarkasi haji berjalan dengan lancar.  “Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat baik dari airline, panitia haji, dan instansi terkait sehingga operasional haji dapat berjalan aman dan lancar.” ucap Suriganata. (Rico)

Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan