Kloter 1 Tiba di Banua, 4 Jamaah Haji Langsung Dirujuk ke RS - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Kloter 1 Tiba di Banua, 4 Jamaah Haji Langsung Dirujuk ke RS

Diterbitkan

pada

Kedatangan jamaah haji Kloter 1 Bdj di Bandara Syamsudin Noor, Kamis (30/8) pukul 17.15 Wita. Foto : rico

BANJARBARU, Sebanyak 323 jamaah haji asal kota Banjarmasin yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin tiba di Bandara Syamsudin Noor, Kamis (30/8) pukul 17.15 Wita. Para Tamu Allah langsung disambut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H Noor Fahmi dan sejumlah panitia pelaksana ibadah haji.

Diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah menggunakan pesawat Garuda, terlihat para haji begitu lega saat tiba di kampung halaman. Bahkan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyan yang tergabung dalam Kloter 1 langsung sujud syukur saat menginjakan kakinya di Apron Bandara.

Hermansyah memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama karena telah memberikan pelayanan yang luar biasa dalam Ibadah Haji tahun 2018 ini.

“Tahun ini dari Kementrian Agama luar biasa memberikan pelayanan dan perhatiannya. Tidak ada yang kekurangan makan, bahkan disaat jamaah ada yang sakit hingga ada yang meninggal, mereka selalu sigap meskipun jamaah banyak sekali,” ungkapnya kepada awak media.

Meski terlihat kebahagian di raut wajah jamaah haji, rupanya ada 4 jamaah yang harus segera dirujuk ke rumah sakit. Walaupun tidak diketahui identitasnya, namun diketahui keempat jamaah tersebut merupakan wanita berusia lanjut yang dibawa ke mobil khusus menggunakan kursi roda. Dari pantauan Kanal Kalimantan, salah satu jamaah saat turun dari tangga pesawat langsung pingsan dengan wajah yang sangat pucat. Panitia dengan sigap langsung memanggil ambulance.

Kakanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi mengungkapkan, 4 jamaah tersebut selain kelelahan, rupanya memang memiliki riwayat penyakit. Tidak ingin mengambil resiko jamaah yang sakit itu langsung dibawa guna pengecekan pihak medis.

“Tadi ada 4 jamaah yang kita rujuk, bahkan tadi yang pingsan langsung diantar ke Rumah Sakit Ulin. Mereka kelelahan dan memang sudah punya penyakit. Jadi 2 ke Rumah Sakit Ulin dan 2 jamaah lagi ke klinik,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan Rabu (29/8) kemarin, tercatat ada 4 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang dinyatakan meninggal dunia. H Noor Fahmi mengungkapkan hari ini ternyata jumlah tersebut kembali bertambah 2 jamaah asal Kabupaten Banjar dan Kabupaten Balangan.

“Jadi jumlah yang meninggal dunia dari Embarkasi Banjarmasin ada 6 orang. 5 asal Kalimantan Selatan dan 1 lagi asal Kalimantan Tengah, baru saja tadi malam asal Kabupten Balangan. Itu yang terbaru saat ini,” jelasnya.

Pada kepulangan Kloter 1 Bdj, jumlah jamaah haji semuanya lengkap saat berangkat dan saat pulang ke Tanah Air. Namun ditemukan kendala yaitu masalah penerbangan yang mana pesawat dijadwalkan tiba pukul 16.45 Wita dan malah tertunda hinggal pukul 17.15 Wita.

General Manager PT Garuda Indonesia Henny Nurcayani menjelaskan, delay keberangkatan dikarenakan trafic di Bandara King Abdul Aziz selama 40 menit.

“Jadi di Bandara King Abdul Aziz mengalami kepadatan, hingga antre itu yang menyebabkan delay selama kurang lebih 40 menit. Ya mudahan-mudahan kloter selanjutnya bisa lebih lancar lagi,” jelasnya.

Dalam menyambut para Tamu Allah, baik otoritas Bandara, Kemenag Kalsel, Panitia Ibadah Haji sampai rekan awak media diharuskan memakai masker, sebagai antisipasi penyebaran virus MERS yang saat ini sedang mewabah di Tanah Suci. Selain itu penyambutan kedatangan jamaah haji, Kemenag Kalsel sudah siap dan teknis sama seperti tahun sebelumnya dengan tidak diperkenankan keluarga jemaah haji langsung menjemput jamaah haji di asrama haji. Selanjutnya jamaah haji yang telah tiba akan dilakukan pengecekan medis kembali dan akan terus dipantau kesehatannya beberapa hari kedepan. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 20
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan