Connect with us

HEADLINE

Kena OTT KPK, Berikut Profil AGM Bupati Muda Penajam Paser Utara

Diterbitkan

pada

Abdul Gafur Mas'ud (AGM), Bupati Penajam Paser Utara (PPU) yang terjaring OTT KPK. Foto: Presisi.co

KANALKALIMANTAN.COM – Kabar mengejutkan datang dari Penajam Paser Utara (PPU). Menyusul operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di lingkungan Pemkab PPU.

Dikabarkan, Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM) dan Plt Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Muliadi dibawa KPK untuk diperiksa lebih lanjut. Hal itu pun dibenarkan Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto.

Ia mengatakan, pagi ini dirinya diinformasikan oleh Deputi KPK terkait kegiatan OTT yang dilaksanakan di PPU, pada Rabu (11/1/2022) malam, hingga dini hari.

“Kita tunggu hasil OTT ini, setelah ada pemeriksaan oleh KPK nanti mereka yang akan rilis sendiri,” ujarnya, Kamis (13/1/2022).



 

 

Baca juga: OTT KPK di Kaltim, Kali Ini Bupati Penajam Paser Utara

Dari pengakuannya pula, ia mengatakan, adatiga orang yang dibawa KPK untuk dilakukan pemeriksaan. Namun, dirinya masih enggan merincikan siapa saja orang yang dimaksud.

“Ada tiga orang yang diamankan,” akunya.

Bupati PPU AGM memang selalu menarik perhatian publik. Mulai dari dirinya yang menjadi salah satu kepala daerah muda di Indonesia, hingga aksi-aksi nyentrik yang kerap ia unggah di akun Instagram pribadinya @abdulgafurmasud. Berikut profil AGM yang sudah dirangkum oleh Suara.com.

Mulai terkenal sejak IKN baru ditetapkan di PPU

AGM mulai dikenal secara nasional sejak perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di PPU dan Kutai Kartanegara (Kukar) pada Senin, 26 Agustus 2019 lalu.

Dari situ, dirinya selalu disorot. Bahkan ia pernah mengatakan bahwa wilayah PPU lima kali lebih luas dibandingkan DKI Jakarta. Hal itu ia sampaikan dan diunggah di YouTube.

Baca juga: Mengubah Kebiasan Perilaku MCK Warga di Banjarbaru, Upaya Nol Persen BABS

“Kalau dibandingkan dengan Jakarta saya rasa mungkin besar Penajam Paser Utara. Di sini 3.333 Km persegi,” paparnya.

AGM sendiri memimpin PPU sejak 2018 lalu hingga 2023 nanti. Dirinya lahir di Kampung Baru, Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya pada 7 Desember 1987.

Ayahnya adalah H Mas’ud dan Ibunya adalah Hj Syarifah Ruwaidah Alqadri. Ia sendiri merupakan anak ke-8 dari pasangan tersebut.

Melansir dari kaltimtoday.co -Jaringan Suara.com, ia mengenyam pendidikan di SD 09 Margasari Balikpapan, lalu melanjutkan ke MTs Negeri 1 Balikpapan, dan menempa ilmu agama di Darunnajah Islamic Boarding School Ulujami Jakarta.

Pendidikan menengah atasnya ditempuh di SMA Muhammadiyah 1 Samarinda dan melanjutkan ke STIE APRIN Palembang.

Mengambil jurusan S1 Ekonomi kemudian melanjutkan pendidikannya dengan menempuh jenjang S2 di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

Baca juga: Disebut Pakai Pemain Tidak Sah, Persebaru Layangkan Banding Tolak Sanksi Asprov PSSI Kalsel

Setelah sukses di dunia pendidikan. Ia yang juga anak bungsu tersebut menikah dengan seorang wanita asal Janebora, PPU, bernama Risna. Dari pernikahannya tersebut ia dikaruniai 6 orang anak.

Pria yang memiliki hobi olahraga golf dan balap mobil ini juga berprofesi pengusaha. AGM tercatat sebagai pendiri PT Petro Perkasa Indonesia.

Selain itu, ia adalah sosok yang aktif dalam organisasi kepemudaan. Ia aktif di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) bahkan menjadi Ketua BPC Hipmi Balikpapan Periode dan Wakil Bendahara Umum BPP Hipmi Pusat Indonesia.

Tak hanya itu, AGM juga sempat menjadi Ketua Lemhanas Angkatan 4, Bendahara Umum PMI Balikpapan dan Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Alam dan Mineral KKSS Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan.

Tak tanggung-tanggung, ia merambah ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Demokrat. Awalnya, AGM menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan. Hingga akhirnya, pada 2018 dia terpilih sebagai Bupati PPU ditemani Hamdan, wakilnya.

Baca juga: Dua Bulan Sudah Meninggal Dunia, Bocah Disimpan Orangtuanya

Karir AGM:

  1. Pemilik PT Petro Perkasa Indonesia
  2. Ketua BPC HIPMI Balikpapan Periode 2015–2018
  3. Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI Pusat
  4. Wakil Koordinasi Tetap Indonesia Wilayah Timur KADIN
  5. Bendahara Umum PMI Balikpapan
  6. Ketua Lemhanas Angkatan 6
  7. Ketua Pengusaha Pemuda Pancasila Balikpapan
  8. Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Alam Dan Mineral KKSS Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan
  9. Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan
  10. Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Periode 2018–2023
  11. Ketua Umum ASPEKSINDO Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Dan Pesisir Seluruh Indonesia

Partai Politik

  1. Demokrat. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->