Connect with us

Kota Banjarmasin

Kasus Masih Tinggi, Banjarmasin Pastikan Perpanjang PPKM Level 4 hingga 6 September

Diterbitkan

pada

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Foto: dok kanal

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN- Pemko Banjarmasin memastikan memerpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 6 September mendatang. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyikapi instruksi pemerintah pusat sehubungan langkah pengendalian Covid-19 di luar Jawa dan Bali.

Ibnu Sina mengatakan, ada sejumlah indikator yang mengharuskan Banjarmasin untuk tetap melaksanakan PPKM level 4.

“Salah satunya adalag kasus harian per 100 ribu penduduk berada di level 4,” terangnya, Senin (23/8/2021).

Padahal, untuk indikator kasus mingguan posisi Banjarmasin semestinya sudah berada di level 3. Sedangkan untuk indikator kapasitas kamar di rumah sakit (BOR) per 100 ribu penduduk, malah berada pada level 2.



 

 

Baca juga: Berakhir Hari Ini, Beredar Kabar PPKM Level 4 di Kalsel Diperpanjang Sampai 6 September

“Namun semuanya kembali yang melakukan penilaian adalah pemerintah pusat melalui Mendagri dan Menko Ekonomi. Mau bagaimana lagi,” ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 akan berakhir pada Senin (23/8/2021) hari ini, baik untuk wilayah Jawa, Bali, maupun di luar keduanya. Bila merujuk pada data setidaknya sepekan terakhir, memang mulai ada penurunan terutama dari segi angka kasus positif dan tingkat keterisian rumah sakit (BOR).

Hal ini pun diamini oleh Presiden Joko Widodo yang tetap meminta seluruh pihak untuk waspada kendati penurunan kasus mulai terlihat.

“Jangan sampai ada varian baru datang karena bermutasi dan kita tidak waspada,” tegas Jokowi di Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). “Tahu-tahu meledak menjadi jumlah yang sangat banyak.”

Dengan arahan seperti ini, tentu saja patut dicurigai PPKM Level 2-4 akan kembali diperpanjang. Pasalnya penurunan kasus positif memang tampak, namun juga diikuti dengan berkurangnya angka spesimen yang dites. Selain itu, angka kematian Covid-19 pun masih tergolong tinggi setiap harinya, yakni di kisaran seribuan kasus.

Malah belakangan beredar kabar bahwa PPKM Level 2-4 akan kembali diperpanjang sampai 6 September 2021. Menghimpun berbagai sumber, beberapa daerah yang konon siap memperpanjang PPKM Level 2-4 ini adalah di wilayah luar Jawa dan Bali.

Termasuk juga Kalsel (untuk wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Tengah)

yang kemungkinan akan diperpanjang. Ketua Satuan Tugas Oksigen Kalimantan Selatan, Kombes Pol Moch Noor Subchan yang membenarkan perihal rilis Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) soal 6 daerah Kalsel yang akan memperpanjang PPKM Level 4.

“(Namun) masih menunggu instruksi Menteri Dalam Negeri,” tegasnya. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter: kk
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->