Connect with us

HEADLINE

Berakhir Hari Ini, Beredar Kabar PPKM Level 4 di Kalsel Diperpanjang Sampai 6 September

Diterbitkan

pada

PPKM level 4 akan diputuskan berlanjuta atau tidak hari ini Foto: dok kanal

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU- Pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 akan berakhir pada Senin (23/8/2021) hari ini, baik untuk wilayah Jawa, Bali, maupun di luar keduanya. Tentu hari ini pikiran publik turut dipenuhi pertanyaan, akankah PPKM demi mengendalikan Covid-19 itu akan diperpanjang lagi?

Bila merujuk pada data setidaknya sepekan terakhir, memang mulai ada penurunan terutama dari segi angka kasus positif dan tingkat keterisian rumah sakit (BOR). Hal ini pun diamini oleh Presiden Joko Widodo yang tetap meminta seluruh pihak untuk waspada kendati penurunan kasus mulai terlihat.

“Jangan sampai ada varian baru datang karena bermutasi dan kita tidak waspada,” tegas Jokowi di Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). “Tahu-tahu meledak menjadi jumlah yang sangat banyak.”

Dengan arahan seperti ini, tentu saja patut dicurigai PPKM Level 2-4 akan kembali diperpanjang. Pasalnya penurunan kasus positif memang tampak, namun juga diikuti dengan berkurangnya angka spesimen yang dites. Selain itu, angka kematian Covid-19 pun masih tergolong tinggi setiap harinya, yakni di kisaran seribuan kasus.



 

 

Baca juga: UPDATE. Bertambah, Kasus Positif Covid-19 di Banjarbaru Bertambah 83 Orang

Malah belakangan beredar kabar bahwa PPKM Level 2-4 akan kembali diperpanjang sampai 6 September 2021. Menghimpun berbagai sumber, beberapa daerah yang konon siap memperpanjang PPKM Level 2-4 ini adalah di wilayah luar Jawa dan Bali.

Termasuk juga Kalsel yang kemungkinan akan diperpanjang. Ketua Satuan Tugas Oksigen Kalimantan Selatan, Kombes Pol Moch Noor Subchan yang membenarkan perihal rilisan Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) soal 6 daerah Kalsel yang akan memperpanjang PPKM Level 4.

“(Namun) masih nunggu instruksi Menteri Dalam Negeri,” tegasnya.

Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Kota Banjarmasin menjadi satu di antara enam wilayah di Kalsel yang bakal menjalani PPKM level 4 lanjutan hingga 6 September.

Artinya PPKM level 4 untuk Kota Banjarmasin akan di perpanjang lagi dari tanggal (24/8/2021) hingga (6/9/2021) atau selama dua pekan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19, Machli Riyadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan data dari 9 rumah sakit di Kota Banjarmasin.

Data tersebut kemudian jelas Machli akan di evaluasi, dengan harapan sejumlah indikatornya memenuhi status PPKM level 2 atau 3. Hasilnya kemudian diharapkan bisa membangkitkan pendapatan masyarakat, dengan melonggarkan sektor perekonomian.

Machli mengatakan, meski Kota Banjarmasin berstatus PPKM level 4 berdasarkan data KPC-PEN, namun tidak menutup kemungkinan pelaksanaannya nanti hanya sesuai dengan PPKM level 2 atau 3. Dengan catatan, hasil evaluasi tiga indikator dari data sembilan rumah sakit yang pihaknya kumpulkan, memenuhi kreteria PPKN level 2 atau 3. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter: kk
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->