Connect with us

Kota Banjarbaru

Kalsel Akan Mulai Terapkan Aplikasikan Samsat Online Nasional

Diterbitkan

pada

Teks: Pemprov akan menerapkan Samsat online Foto: net

BANJARBARU, Pemerintah pusat dan Pemprov Kalsel terus berupaya meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor agar cepat, mudah, transparan dan akuntabel. Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, menandatangani langsung nota kesepahaman (MoU) layanan Samsat Online Nasional. Kesepaktan ini diteken di Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali pada Kamis (15/11) lalu.

Penandantanganan MoU turut dihadiri oleh Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, bersama 24 Gubernur dan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah se-Indonesia. Bagi Kalimantan Selatan, terobosan ini merupakan salah satu upaya mendongkrak pelayanan kepada para wajib pajak kendaraan bermotor.

Ia menilai hal ini sebagai wujud inovasi pelayanan publik di bidang pelayanan kesamsatan. Apalagi, kata Rudy, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berkomitmen mendukung pelayanan yang mudah dan cepat ke masyarakat.

“Pemprov Kalsel terus berupaya meningkatkan pelayanan publik  untuk rakyat. Semua SKPD terkait diharapkan mampu menciptakan inovasi- inovasi kreatif memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” kata Gubernur H Sahbirin Noor, Jumat (16/11).

Nota kesepahaman pelayanan samsat  ini diharapkan dapat  mempermudah wajib pajak memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Langkah ini turut mengoptimalisasi peningkatan pendapatan asli daerah melalui pajak kendaraan bermotor.

Adapun Kapolri Tito Karnavian mengatakan samsat online merupakan tahap kedua dalam pemberlakuan e-Samsat yang dilaksanakan di 24 provinsi. “Tahap pertama dilaksanakan di tujuh provinsi. Kali ini kami laksanakan tahap kedua di 24 Provinsi dan tahap ketiga dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia,” ujar Tito dilansir Kumparan.com.

Menurut Tito, bila layanan e-Samsat berjalan baik, diharapkan semua pembayaran pajak kendaraan bermotor berjalan optimal. “Tentunya kita harapkan e-Samsat ini segera dilaksanakan dalam rangka untuk kepentingan pusat, daerah, dan swasta dalam hal pembiayaan pembangunan,” ujar Tito.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi, mengapresiasi Polri dan seluruh Gubernur yang menyukseskan layanan e-Samsat di tiap provinsi.

Sedangkan Kakorlantas Irjen, Refdy Andry, menyebutkan e-Samsat merupakan salah satu upaya Polri memudahkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Saat ini layanan e-Samsat terintegrasi dengan seluruh Samsat di seluruh Indonesia yang berpusat di Mabes Polri. “Kesepakatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” tambahnya. (rico/kum)

Reporter:Rico/Kum
Editor:Cell

Bagikan berita ini!