Connect with us

Kota Banjarbaru

Kali ke-8 Balaikota Banjarbaru Disinggahi Adipura

Diterbitkan

pada

Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar konvoi dan arak-arakan Adipura 2018. Foto : humas pemkot banjarbaru

BANJARBARU, Kali kedelapan bagi Kota Banjarbaru Adipura dengan kategori Kota Sedang singgah ke Balaikota. Merayakan hal ini, Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar konvoi dan arak-arakan Adipura 2018, disambut antusias seluruh masyarakat.

Adipura 2018 yang diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa (15/1) sekitar pukul 10.00 Wita.

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani bersama rombongan kemudian disambut Wakil Walikota H Darmawan Jaya dan Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Irwansyah, beserta Forkopimda Kota Banjarbaru dan tokoh masyarakat.

Piala Adipura selanjutnya diserahkan Walikota Banjarbaru kepada Ketua DPRD Kota Banjarbaru yang menjadi perwakilan seluruh masyarakat. Kemudian diberikan kepada Pasukan Kebersihan untuk diarak menggunakan mobil bak terbuka keliling kota Banjarbaru. Arak-arakan Adipura 2018 disambut pelajar SD dan SMP di sepanjang rute yang dilalui, dan berakhir di depan Balaikota Banjarbaru.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani mengungkapkan rasa syukurnya atas diraihnya kembali piala Adipura untuk kota Banjarbaru, sebagai bukti bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru yang bekerja sama dengan stakeholder dan lapisan masyarakat yang terus peduli atas kebersihan lingkungan.

“Walau pun kategori yang ingin dicapai adalah Adipura Kencana yang hanya Kota Surabaya, tetapi kita tetap berbangga hati, inilah hasil yang kita capai dan terus berusaha peduli terhadap kebersihan kelestarian serta keindahan lingkungan kota kita yang kita cintai ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, kota Banjarbaru meraih Adipura 2018 kategori Kota Sedang berada di urutan ke-2 sesudah kota Kudus dari 31 kabupaten/kota lainnya. Menurut Nadjmi merupakan kebanggan tersendiri kota Banjarbaru berada di urutan kedua lebih unggul dari kabupaten/kota lainnya.

Pesan khusus disampaikan Walikota Banjarbaru kepada Pasukan Kebersihan Dinas Tata Kota serta Dinas Lingungan Hidup Kota Banjarbaru yang terus bekerja untuk kebersihan dan keindahan kota Banjarbaru.

Usai arak-arakan piala Adipura, dilanjutkan syukuran di pool armada angkutan sampah kota Banjarbaru di Kelurahan Sungai Besar, Kecamatan Banjarbaru Selatan bersama ratusan petugas kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Sirajoni mengungkapkan, target ke depan mendapatkan Adipura Kencana dengan meningkatkan sejumlah program kebersihan, seperti pengelolaan sampah di masyarakat semakin digiatkan, diantaranya kegiatan komposter untuk mengurangi sampah.

“Pemkot juga mengeluarkan Perwali tidak dibolehkannya lagi kantong plastik di toko swalayan, mall dan retail modern. Diet kantong plastik itu jelas akan mengurangi dampak sampah plastik yang ada di perkotaan. Kita akan terus tingkatkan semua program kebersihan kita,” pungkas Sirajoni. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share