Connect with us

Ragam

Jelang Haul Sekumpul ke-14, Ada Spanduk Daftar Harga di Pasar Belauran

Diterbitkan

pada

PD Pasar Bauntung Batuah berupaya mengatur daftar harga menu di Pasar Belauran Martapura agar tak dipermainkan. Foto : rendy

MARTAPURA, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah mulai melakukan pemasangan spanduk daftar menu dan harga minuman untuk pedagang kuliner di Pasar Belauran Martapura, Kamis (14/2). Pemasangan daftar menu dan spanduk itu antisipasi penaikan harga dari pedagang menjelang Haul Sekumpul ke-14 yang tinggal tak lebih sebulan lagi.

Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah mengatakan, setidaknya ada 40 pedagang makanan dan minuman di Pasar Belauran tersebut, semuanya sudah berkomitmen dan setuju untuk tidak memanfaatkan moment Haul Abah Guru Sekumpul yang akan digelar lalu menaikan harga jualan mereka. Sehingga diharapkan para pedagang dapat berjualan dengan harga yang sewajarnya.

“Untuk menghindari para pedagang mematok harga di luar batas kewajaran, hari ini kita pasang spanduk besar bertulisakan menu dan daftar harga maksimal makanan yang dijual para pedagang Pasar Belauran, jadi mereka tidak boleh menjual dari harga yang sudah disepakati sebelumnya,” bebernya.

Ditambahkan Rusdiansyah, sebelumnya para pedagang sudah dibagikan daftar menu dan harga maksimal tertulis yang sudah disepakati bersama, untuk diletakan di meja hingga etalase-etalase setiap warung. Nah, jika pengunjung datang bisa langsung mengetahui harga makanan yang dijual di Pasar Belauran.

Daftar harga yang dibagikan dan dipasang dalam bentuk spanduk besar dan selebaran kertas tersebut akan berlaku tidak hanya menjelang dan sesudah momen haul saja. Namun akan diberlakukan seterusnya dan akan dikoreksi apabila terjadi perubahan harga pada kebutuhan pangan setiap 6 bulan secara berkelanjutan.

“Dalam kegiatan ini, kita tidak hanya dilakukan PD Pasar, juga bekerjasama dengan pihak Mandala Finance untuk memfasilitasi 22 spanduk daftar menu dan harga, jadi kalau ada spanduk yang rusak akan diganti yang baru oleh mereka,” akunya.



Ketika ditanya bila ada pedagang yang nakal sengaja melepas dan memberikan harga di atas kewajaran di luar harga yang sudah ditentukan, Rusdiansyah mengatakan, para pedagang nakal itu segera akan diberikan sanksi berupa segel tempat usaha, hingga pencabutan surat izin pemakaian tempat usaha tersebut.

“Apabila mereka melanggar aturan, ya akan kita tindak tegas, sebelumnya kita sudah rapat bersama dan menyepakati komitmen dengan seluruh pedagang,” tegasnya.

Rusdiansyah mengimbau kepada masyarakat baik para pengunjung yang berbelanja makanan dan minuman di Pasar Belauran, apabila menemukan pedagang nakal bisa melapor ke PD Pasar dengan membawa bukti dan saksi. Sehingga dapat dilakukan penindakan terhadap pedagang yang bersangkutan.

Mulyani, salah satu pemilik warung makan Amanah di Pasar Belauran Martapura mengatakan, sangat menyambut baik atas usaha yang dilakukan PD Pasar Bauntung Batuah untuk membuat daftar harga. Sehingga para pengujung tahu harga yang ditetapkan oleh setiap warung makan.

“Kami tidak masalah di setiap warung ada daftar menu dan harga, itu bagus, jadi ada keterbukaan di sini, para pengunjung tidak perlu mengkhawatir apabila ada harga yang dibayarkan terlalu mahal, karena kita para pedagang sudah saling sepakat menetapkan harga itu,” jelasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
-->