Connect with us

PILKADA BANJARMASIN

Jadi Plt Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati: Saya Harus Siap

Diterbitkan

pada

Plt Ketua KPU Banjarmasin Rahmiyati Wahdah. foto : fikri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Rahmiyati Wahdah secara resmi ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Kota Banjarmasin pada rapat pleno, Senin (27/1/2020). Ini merupakan respon setelah ditetapkannya Gusti Makmur sebagai tersangka kasus dugaan pelecehan seksual yang berujung pada penonaktifan.

Ditemui usai sosialisasi tahapan Pilkada di Hotel Jelita Banjarmasin Rabu (29/1/2020) siang, Rahmiyati akhirnya angkat suara soal penunjukkan dirinya sebagai Plt ketua. Menurutnya, siap tidak siap dirinya harus siap jika ditunjuk sebagai Plt ketua. Apalagi, dalam kepemimpinan di KPU merupakan kolektif kolegial.

“Siap tidak siap, karena kita menganut kolektif kolegial. Karena ada surat pengunduran diri pak Gusti Makmur yang kita rangkum dan keputusan bulat bahwa saya yang menjadi Plt ketua,” beber Rahmiyati.

Menurutnya, jabatan ketua hanyalah simbol. Sehingga harus siap sedari awal jika ditunjuk sebagai Plt ketua ataupun ketua definitif. Apalagi, dengan empat komisioner yang tersisa, pihaknya tetap bekerja seperti biasa. “Pada intinya semua komisioner sama tanggungjawabnya,” tambahnya.



Lalu, bagaimana kinerja KPU Kota Banjarmasin setelah berkurangnya satu komisioner yang dinonaktifkan? Rahmiyati mengakui, idealnya harus ada lima komisioner KPU.

Namun dirinya menjamin, dengan empat komisioner yang ada, tidak akan menghambat kinerja KPU Kota Banjarmasin. “Karena kolektif kolegial,” lugasnya. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : fikri
Editor : bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->