Connect with us

RELIGI

Hikmah Nuzulul Quran Lengkap dengan Doa-doanya

Diterbitkan

pada

Hikmah Nuzulul Quran - ilustrasi - Foto: kanalkalimantan/yuda
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM – Berikut adalah ulasan tentang hikmah Nuzulul Quran yang lengkap dengan doa-doanya. Salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Ramadhan Nuzulul Quran atau peringatan peristiwa turunnya Al-quran pada 17 Ramadhan.

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan sebuah moment perubahan besar yang terjadi dalam peradaban Umat Muslim yang sudah sepatutnya kita teladani.

Hikmah Nuzulul Quran

Adapun beberapa hikmah yang bisa anda petik sebagai berikut:



Baca Juga:
Warga Pelambuan Banjarmasin Geger Wanita Tewas Gantung Diri

1. Meneladani Peristiwa Turunnya Al-Quran

Hikmah pertama dari Nuzulul Quran adalah sebagai seorang hamba yang taat kita harus bisa untuk mengambil hikmah positif dari peristiwa ini, peristiwa Nuzulul Quran adalah sebuah momentum perubahan bagi Umat Muslim. Yang sebelumnya kita hidup tanpa aturan dengan adanya AL-Quran setiap aspek dalam kehidupan kita menjadi lebih bermakna.

Oleh karena itu salah satu amalan yang wajib dilakukan oleh Umat Islam adalah membaca Al-Quran, karena di dalamnya dijelaskan secara jelas bagaimana kita seharunsya dalam menjalani kehidupan

2. Semakin Dekat dengan Al-Quran

Seperti yang kita ketahui bahwa Al-Quran adalah pedoman hidup, saat terjadinya Nuzulul Quran malakat Jibril mengajarkan kepada Nabi Muhammad untuk membaca seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Alaq ayat 1.

Baca Juga:
Pengaduan Produk Makanan dan Obat, BBPOM di Banjarmasin Buka Layanan Konsumen

Kata membaca tentunya tidak hanya sebatas mengerti apa yang coba disampaikan oleh malaikat Jibril, tetapi juga untuk mengamati segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Selain itu membaca juga merupakan jendela pengetahuan, jika kita ingin mempelajari sesuatu maka kita harus membaca.

Hal sekecil itupun sudah dijelaskan dalam Al-Quran, maka dari itu kita sebagai Umat Islam diharuskan untuk meneledani segala Ucapan Allah yang ia turunkan lewat Al-Quran

3. Mengerti Isi Al-Quran

Hikmah keempat adalah kita dengan adanya peristiwa Nuzulul Quran kita bisa lebih dekat untuk mengerti lebih dalam tentang segala hal yang terkandung dalam Al-Quran. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Isra ayat 82 yang artinya “Dan kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidak lah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Dari hal tersebut kita mengambil kesimpulan bahwa segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita solusinya ada pada Al-Quran, kita dapat menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai rujukan kita dalam segala aktivitas setiap harinya. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah diri kita mau atau tidak untuk belajar dari Al-Quran.

Doa Nuzulul Quran

1. Meminta Syafaat Baik

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran.”

2. Memohon Ampunan

Allahumma innaka ‘afuwwun, tuhibbul ‘afwa, fa’fu ‘anni

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha pemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku.”

3. Doa Mohon Kesehatan bagi Kedua Orang Tua

“Allahummaghfir lii wa liwaalidayya warhamhuma kamaa rabbayanii shaghiraa.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangi aku di waktu kecil.”

Baca juga: Warning Lonjakan Covid-19 saat Libur Lebaran, Jokowi Ingatkan Kepala Daerah

Semoga dengan adanya informasi ini dapat membuat diri kita merefleksikan apa yang sudah kita lakukan selama ini, terutama dalam membaca Al-Quran. Terlebih saat ini kita sedang berada pada bulan Ramadhan dimana kita dapat menjadikan bulan ini sebagai momentum perubahan pada diri kita agar bisa lebih bertakwa lagi.

Demikian penjelasan tentang hikmah Nuzulul Quran yang lengkap dengan doa-doanya. (suara.com)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->