Connect with us

Kanal

Hebat, SP4N-LAPOR! Banjarmasin Menjadi yang Terbaik ke-3 Nasional

Diterbitkan

pada

Banjarmasin menjadi salah satu kota terbaik yang menerapkan amplikasi LAPOR. Foto: Ammar

BANJARMASIN, Dari seluruh instansi pemerintah yang menggunakan aplikasi Sistem Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR!), Pemko Banjarmasin  masuk dalam kategori tiga kota terbaik penggunaan aplikasi. Hal ini diketahui setelah kota berjuluk seribu sungai dijadikan sebagai salah satu kota percontohan penerapan SP4N-LAPOR! versi terbaru oleh Kemenpan RB dan Kantor Staf Presiden (KSP).

Terpilihnya Banjarmasin atas penggunaan aplikasi tersebut hasil monitoring yang dilakukan pihak Kemenpan RB dan Kantor Staf Presiden (KSP). Dimana aplikasi LAPOR Pemko dinilai sebagai aplikasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang responsif dan aktif dengan jumlah pengaduan yang masuk cukup banyak serta selalu ditindaklanjuti dengan baik.

Tak hanya itu, Pemko Banjarmasin juga masuk dalam 10 bagian dari kementerian, lembaga negara dan Pemda yang menjadi percontohan penerapan SP4N-LAPOR! versi terbaru.

Terkait hal tersebut, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina nantinya akan diundang oleh lembaga independen di Amerika Serikat yang bergerak dibidang pegaduan masyarakat (USAID CEGAH) untuk study pengembangan SP4N-LAPOR!.



“Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina didaulat mewakili seluruh Pemda mempersentasikan Best Practice LAPOR di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, yang dihadiri peserta dari pemerhati Indonesia dan warga Indonesia di sana, termasuk para pelajar atau Diaspora Indonesia. Seluruh biaya akan ditanggung pihak penyelenggara,” ujar Kasubag Pengelolaan Pengaduan, Humpro Setda Banjarmasin, Novri Gitayanti.

Selain itu, Ibnu Sina juga akan diangkat sebagai Duta LAPOR Nasional dengan tugas mempromosikan SP4N-LAPOR! ke seluruh Pemda di Indonesia.  terutama yang belum aktif aplikasi LAPOR nya.

Setelah semuanya dinilai baik, lalu sekarang apa kegiatan Sub Bagian Pengaduan. Ditanya demikian, kembali wanita berparas cantiknya dan murah senyum ini menjelaskan.

Di sisi lain, Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani berharap agar aplikasi LAPOR ini bisa mewujudkan pemerintahan responsif dan memanfaatkan data pengaduan sebagai salah satu input dalam pengambilan kebijakan pemerintahan.(ammar)

Reporter: Ammar
Editor: Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->