Connect with us

Kota Banjarmasin

Haul ke-77 Habib Basirih Digelar Sabtu, Panitia Sediakan Klotok untuk Jemaah

Diterbitkan

pada

Haul ke-77 Habib Basirih Banjarmasin akan digelar lusa, panitia terus melakukan persiapan acara, Kamis (30/11/2023) siang. Foto: rizki

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Haul ke-77 Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih awal Desember. Pengelola Kubah Basirih telah menjadwalkan Haul ke-77 akan digelar, Sabtu (2/12/2023) lusa.

Berbagai persiapan acara haul ulama besar Banjar tersebut terus dilakukan.

Ketua Panitia Haul ke-77 Habib Basirih, Drs Husin Luthfie MSi ketika ditemui Kamis (30/11/2023) siang mengatakan, dua hari jelang acara haul, seluruh persiapan sudah hampir rampung.

Baca juga: Perempuan Tenggelam di Dermaga Pasar Lima Banjarmasin, Warga Sempat Lihat Linda Melambai

Misalnya tenda sebagian sudah terpasang di sepanjang jalan menuju Kubah Basirih. Termasuk pembagian titik-titik parkir dan penampungan bagi jemaah.

“Sampai hari ini persiapan sudah 80 persen,” ungkapnya.

Rangkaian peringatan haul dikatakan sudah mulai digelar sejak Rabu (30/11/2023) malam, di Kubah Basirih.

Sementara, puncak pelaksanaan haul akan digelar Sabtu (2/11/2023) pagi pukul 09.00 Wita, lokasinya masih di kawasan kubah Basirih, Jalan Keramat Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.

Sejumlah donatur untuk menyukseskan pelaksanaan haul dikatakan terus berdatangan. Misalnya pada Rabu (29/11/2023) kemarin, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyumbang empat ekor sapi untuk konsumsi acara haul.

Baca juga: Kutuk Penindasan ke Palestina, MUI Kalsel Imbau Masyarakat Tak Beli Produk Pro Israel

Bantuan sapi tersebut dikatakan telah didistribusikan kepada panitia yang bertugas untuk memasak dan warga sekitar kubah yang berinisiatif menyiapkan konsumsi bagi tamu dan jemaah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Paman Birin, bantuan sapi ini sangat bermanfaat dan membantu kami menyiapkan konsumsi,” ucapnya.

Pejabat Pemko Banjarmasin ini memprediksi, jemaah Haul ke-77 tahun ini akan lebih banyak, sebab saat ini tidak ada lagi pembatasan akibat pandemi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Perkiraan 50 ribu jemaah akan hadir saat haul besok,” ujarnya.

Baca juga: Tiga Lelaki Mabuk Keroyok Penjual Durian di Kelayan Dibekuk Polisi

Panitia Sediakan Transportasi Air Saat Pelaksanaan Haul

Saat pelaksanaan haul, Sabtu (2/12/2023) nanti, panitia juga menyiapkan transportasi air klotok bagi jemaah yang di kawasan Jalan Mantuil dan sekitarnya yang ingin menyeberang menuju lokasi Haul Basirih.

“Panitia menyiapkan klotok, kapal feri, dan speed boat bagi jemaah. Untuk penjemputan tamu seperti Habib, Gubernur, Wali Kota kita sediakan speed boat dari Polairud,” ujarnya.

Baca juga: BPBD Banjar Gelar Apel Siaga Bencana

Transportasi air untuk penyeberangan dan penjemputan jemaah tersebut dikatakan Lutfi selalu disediakan pada setiap pelaksanaan Haul Habib Basirih.(Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email