Connect with us

HEADLINE

Hari Ini PSU Pilgub Kalsel, Diharapkan Coblosan Tak Terulang Lagi

Diterbitkan

pada

Penjabat Gubernur Kalsel Sazfrizal ZA bersama Ketua KPU RI Ilham Saputra saat meninjau salah satu TPS di wilayah PSU. Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel digelar hari ini Rabu 9 Juni 2021. PSU Pilgub Kalsel digelar berdasarkan hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/3/2021) terkait sengketa Pilgub Kalsel 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra memantau persiapan jelang pelaksanaan PSU Kalsel dan memastikan PSU Kalsel siap digelar.

“Saya kira setelah kami melakukan kunjungan di beberapa TPS, di Banjarmasin satu, di Banjar satu dan juga di Tapin saya kira cukup siap kawan-kawan petugas kami dan kami akan memantau lagi nanti malam terkait distribusi logistik dan kesiapan administrasi lainnya,” ujarnya saat memantau kesiapan TPS di wilayah yang akan menggelar PSU Pilgub Kalsel, Selasa (8/6/2021).



 

 

Pemantauan dilakukan bersama Penjabat Gubernur Kalsel, Bawaslu RI, Danrem Antasari Brigjen Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen M Agung Budiono, Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua KPU Kalsel Sarmuji, Ketua Bawaslu Erna Kasypiah, Kepala Kesbangpol Kalsel Heriansyah.

Baca juga: Cegah Kerawanan PSU di Banjarmasin, Personil Polresta Patroli hingga Subuh

Ilham Saputra pun berharap PSU Kalsel dapat berlangsung dengan lancar dan tak ada PSU susulan.

“Semoga Pilkada ini sukses, tidak ada PSU-PSU lagi,” sambungnya.

Sebelumnya, berdasarkan Keputusan MK pelaksanaan PSU dilakukan di lima tujuh kecamatan, lima di Kabupaten Banjar meliputi Sambung Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluhaluh dan satu kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni Banjarmasin Selatan serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Total TPS yang akan digelar pada 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.
Sementara itu, Penjabat Gubernur Safrizal ZA mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan saat pencoblosan berlangsung.

Lokasi TPS yang sempat dikunjungi Ketua KPU RI bersama Pj Gubernur Kalsel adalah TPS 03 Antasan Bondan, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Pj Gubernur dan Ketua KPU RI, menanyakan kesiapan petugas KPPS.

Lokasi lain yang dikunjungi rombongan TPS 01 Desa Mataraman, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar.

Rombongan Pj Gubernur dan KPU RI disambut Plt Camat Mataraman, Agus Hidayat, dan jajaran serta petugas KPPS setempat. Diketahui ada 357 orang yang masuk DPT di TPS 001 Mataraman.
Terakhir yang dikunjungi TPS 04 Desa Pualam Sari, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Pj Gubernur, Safrizal ZA mengatakan, secara umum TPS di Mantuil tersebut telah siap melaksanakan PSU.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin, Jumlah Siswa dan Durasi Belajar Dibatasi

“Koreksi dari kami yaitu masih kurangnya peringatan agar tak melepas masker di TPS dan protokol kesehatan,” katanya.

Pj Gubernur Kalsel bersama Ketua KPU RI mengingatkan semua penyelenggara PSU untuk tetap disiplin, dalam penerapan protokol kesehatanuntuk mencegah covid. (kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter : dewi
Editor : bie


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->