Connect with us

Olahraga

Galoeh Banjar dan Pakapuran Jaya Juara Balogo se Kalsel di Asrama Haji

Diterbitkan

pada

Lomba balogo se Kalsel yang berlangsung di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (16/12/2023). Foto: nh

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Lomba balogo se Kalimantan Selatan (Kalsel) sukses menarik ratusan peserta untuk bertanding di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (16/12/2023) siang.

Empat karpet dihampar menjadi landasan atau lintasan balogo terpasang di Aula Jeddah Asrama Haji Banjarmasin untuk permainan olahraga tradisional ini.

Berbagai pakaian peserta tampak mencolok dengan ciri khas masing-masing tim, ada yang memakai laung sasirangan di kepala, dan ada juga yang mengenakan sarung.

Pertarungan sengit antar tim berlangsung hingga malam hari. Dan akhirnya di penghujung kegiatan disebutkan juara lomba balogo se Kalsel Akhir Tahun 2023.

Kategori perempuan juara pertama direbut Galoeh Banjar dari Kota Banjarmasin, juara kedua Dua Bintang dari Kabupaten Balangan, dan juara ketiga El’ya dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Baca juga: Kritik Tokoh Berpenampilan Islami Film “Badrun & Loundri” dari Pinggiran Sungai Banjarmasin

Untuk kategori laki-laki, juara pertama direbut Pakapuran Jaya dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, juara kedua Family AW dari Kabupaten Batola, dan juara ketiga Dayunk SHB dari Kabuoaten Tanah Bumbu.

Sementara juara harapan satu 212 dari Kabupaten Tapin, harapan kedua Level 3 dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan harapan ketiga Banua Tala dari Kabupaten Tapin.

Ketua Pelaksana Lomba Balogo se Kalsel, Ahmad Faiza Rizani SPd mengatakan, lomba balago se Kalsel ini pertama kali dilaksanakan di Kota Banjarbaru.

Baca juga: Lomba Manyumpit Ramaikan Pameran Budaya Desa

“Panitia pelaksananya adalah GOBI (Gabungan Olahraga Balogo Indonesia) Banjarbaru, kebetulan Ketua GOBI Banjarbaru saya sendiri, tempat lomba di Aula Jeddah Asrama Haji, diikuti tim dari 13 kabupaten dan kota se Kalsel,” bebernya.

Dua kategori yang dilombakan yaitu bakawan tiga lakian dengan jumlah peserta 126 tim dan bakawan dua binian berjumlah 26 tim.

“Tiga orang per tim khusus untuk kategori laki-laki, dan untuk perempuan dua orang per timnya,” kata Faiza, kepada Kanalkalimantan.com.

Baca juga: Pengedar dan Pelaku Kambuhan Dominasi Kasus Penyalahgunaan Narkoba di Banjarbaru

Salah satu perserta, H Sahli, Ketua GOBI Kabupaten Banjar sangat bangga berkesempatan main balogo di Asrama Haji. “Suatu hal yang luar biasa bagi palogoan,” ucap H Sahli dari Desa Lokbaintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini.

“Kami berharap event-event selanjutnya dapat terselenggara di daerah lainnya, terutama di Kabupaten Banjar. Mudah-mudahan Pemkab Banjar ada perhatian, sehingga bisa memberi kesempatan kepada palogoan se Kalimantan Selatan bisa bermain di Kabupaten Banjar,” harap H Sahli.

Baca juga: BRI Cabang Amuntai Gelar Peringatan HUT ke-128 

Tanggapan senada diutarakan peserta balogo lainnya untuk kegiatan ini. “Sangat bagus, tak hanya ikut berpartisipasi dalam lomba, kami bisa sambil mempererat silaturahim para pencinta balogo,”kata Andre.

“Lombanya sangat bagus dan panitia bekerja dengan baik bisa memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat,” ucap Mar’i. (Kanalkalimantan.com/nh)

Reporter : nh
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email