Dua Siswi MAN 2 Banjarmasin Duta Kalsel di Forum Pelajar Indonesia ke-10 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Dua Siswi MAN 2 Banjarmasin Duta Kalsel di Forum Pelajar Indonesia ke-10

Diterbitkan

pada

Amaliah Rif’ah dan Putri Adela Aurolia. Foto : adel for kanal kalimantan

BANJARMASIN, Dua pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin bersama 11 pelajar tingkat SMA/MA lainnya terpilih menjadi delegasi Provinsi Kalsel pada ajang Forum Pelajar Indonesia ke-10 atau Indonesia Student & Youth Forum (ISYF), 8-11 Agustus 2018 di Jakarta.

Lolos dari ribuan peserta, merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi kedua pelajar bernama Amaliah Rif’ah dan Putri Adela Aurolia. Keduanya saat ini tercatat duduk di kelas XII MAN 2 Model Banjarmasin.

Saat dikonfimasi, Kamis (9/8), Putri Adela Aurolia menuturkan, dirinya tidak pernah membayangkan bisa berkumpul, bertukar pikiran dan berkarya bersama dengan ratusan pelajar dari 34 Provinsi di Indonesia. “Seluruh peserta diajarkan untuk lebih memahami, saling bekerjasama dan menjunjung tinggi persatuan. Sesuai tema yang diusung yaitu kerja bersama,” tuturnya.

Adel, panggilan anak MIPA 6 tersebut menjelaskan, Forum Pelajar Indonesia merupakan forum tahunan yang melibatkan 250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum tersebut membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia.

“Hasil yang diharapkan dari event nasional ini adalah agar seluruh delegasi memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar, sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing,” bebernya.

Terkait proses seleksi, Adel menceritakan dirinya terpilih setelah melalui beberapa tahap proses seleksi dari video dan esai yang dikumpulkan. Proses registrasi dan penjurian sendiri dilakukan pada Januari hingga April 2018 dengan persyaratan mempunyai kemampuan dasar bahasa Inggris yang baik, membuat esai sesuai tema yang telah ditentukan, lolos seleksi administrasi secara online, membuat video dengan tema “Terima Kasih Indonesia” atau “Gotong Royong”, dapat bekerjasama dengan pelajar dari berbagai latar belakang serta aktif dalam kegiatan di sekolah.

“Saya dan delegasi duta Kalsel lainnya berharap akan lebih banyak lagi pelajar di Kalsel yang berminat dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini di tahun mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN 2 Model Banjarmasin, Siti Rostina yang mendampingi berharap melalui kegiatan FOR 10 tersebut para delegasi pelajar Kalsel utamanya dari MAN 2 Model Banjarmasin bisa meningkatkan pola pikir sebagai pelajar agar dapat menjawab tantangan yang ada di masyarakat dengan cara yang inovatif.

“Dengan kreatifitas, para pelajar akan dapat menciptakan karya-karya untuk membanggakan Indonesia di mata dunia,” ujarnya. (rico)

Reporter:Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares