Dua Hari 500 Paket Makanan Dapur Umum ACT Disuplai ke 6 Desa - Kanal Kalimantan
Connect with us

ACT KALSEL

Dua Hari 500 Paket Makanan Dapur Umum ACT Disuplai ke 6 Desa

Diterbitkan

pada

Posko Bantuan dan Dapur Umum ACT (Aksi Cepat Tanggap) di Kabupaten Donggala. Foto : rico

DONGGALA, Perjalanan Tim Jurnalis Kemanusiaan ACT Kalsel di lokasi bencana begitu kental dengan suasana keakraban baik dari tim relawan maupun masyarakat Sulawesi Tengah. Hal itu nampak jelas saat jurnalis kemanusiaan ACT Kalsel singgah ke Posko Bantuan dan Dapur Umum ACT (Aksi Cepat Tanggap) di Kabupaten Donggala pada Kamis (1/10/2018).

Tiba di Posko Bantuan dan Dapur Umum terlihat relawan ACT dan masyarakat saling membantu mengisi kebutuhan warga yang terdampak gempa. Mereka saling bahu membahu mengerjakan apa yang bisa dilakukan selama fase recovery saat ini.

Sejumlah relawan terlihat sibuk menyiapkan bantuan logistik kepada masyarakat sedangkan masyarakat –kebanyakan ibu-ibu- sedang asik memasak bahan baku makanan. Meski sederhana, namun di tempat inilah, gambaran dan moment dimana masyarakat Sulteng tidak sendirian menghadapi situasi pasca bencana gempa dan tsunami kala itu.

Hingga saat ini ACT telah membuka posko bantuan diantaranya yaitu 1 Posko Induk, 21 posko unit, dan 15 posko wilayah yang disebar di Provinsi Sulteng. Sedangkan untuk dapur umum, ACT telah mengaktifkan sebanyak 54 dapur umum di 4 kabupaten/kota, 43 kecamatan dan 312 desa. Kedua program ini merupakan daya dongkrak ACT dalam menyalurkan bantuan logistik, kesehatan, pendidikan dan psikososial terhadap para korban bencana.

Teguh Iman Komandan ACT Posko Kecamatan Sinduwe Tobata menjelaskan, dalam penyaluran bantuan makanan dalam tempo 2 hari, pihaknya mengantarkan sebanyak ratusan paket untuk para korban.

“Dalam dua hari kita selalu membagikan 500 paket makanan untuk enam desa seperti Alindau, Tamarenja, Sindusa, Oti, Sipeso dan Sikara. Makanan yang diberikan baik yang sudah matang maupun mentah,” ucapnya.

Pada tahap awal, sebelumnnya ACT melakukan pemerataan dan pendataan di semua desa yang ada di Kecamatan Sinduwe Tobata. Prioritas utama yang menjadi tempat penyaluran bantuan yaitu para janda dan fakir miskin korban bencana.

Posko Bantuan dan Dapur Umum  ACT di Sindowe Tobata telah beroperasi selama tiga pekan. Dan akan terus dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Selain itu lokasi posko bantuan dapur umum ini dapat berubah, sesuai dengan kondisi dan urgensi di lapangan sebagaimana laporan tim relawan.

“Kita tetap beroperasi sambil berkoordinasi dengan pimpinan. Lokasi kita juga bisa berubah menyesuasikan dengan kondisi di lapangan,” pungkasnya. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan