Connect with us

Kalimantan Selatan

Diskusi Bareng “Literasi Media Resolusi 2023: Humas dan Media Kudu Baperan”

Diterbitkan

pada

Diskusi Bareng Humas dan Media bertajuk 'Literasi Media Resolusi 2023: Humas dan Media Kudu Baperan (Beritain Pemerintah), Selasa (29/11/2022). Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN
Meningkatkan kompetensi di bidang kehumasan dan jurnalistik, sebanyak 100 peserta dari berbagai platform media bersama anggota humas instansi pemerintahan di Kalsel mengikuti diskusi bareng di Rattan In Hotel Banjarmasin, Selasa (29/11/2022).

Membahas pembangunan sinergi dalam meningkatkan informasi dan komunikasi publik di daerah. Diskusi ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pembahasan tertuang dalam tajuk acara yakni ‘Literasi Media Resolusi 2023: Humas dan Media Kudu Baperan (Beritain Pemerintah).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalsel, H Muhammad Muslim mengatakan kegiatan ini penting dalam menghadapi tahun politik seperti sekarang ini.



 

Baca juga  : Ternak Kambing Warga Desa Tanete Divaksin Cavac

Menurutnya jurnalis dan kehumasan sebagai sarana pendidikan politik untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Di dalamnya mereka harus berkolaborasi dalam masing-masing ranah dalam menghadapi informasi liar yang rawan muncul mengakibatkan gesekan di lapisan masyarakat.

“Pentingnya kegiatan ini guna peningkatan pengetahuan dan presepsi di antara para jurnalis dengan kehumasan yang ada di seluruh instansi pemerintah, sehingga kemampuan itu menjadi upaya membangun sinergi dalam meningkatkan informasi dan komunikasi publik di daerah di masing-masing ranah,” kata Kadiskominfo Kalsel.

Melalui kegiatan ini juga, dirinya menyampaikan harapan terbentuknya sebuah forum komunikasi dalam menjalin silaturahmi dan persamaan presepsi. Sebab, pihaknya memandang peran media dibutuhkan untuk menjawab tantangan tersebut.

Baca juga : Geger Bayi Bertali Pusar Dibuang di Palam, Diduga Pelaku Seorang Pria, Mondar-mandir Tiga Kali

“Sehingga bagaimana kita melakukan baik itu menyampaikan berbagai berita sekaligus bagaimana membuat berita itu tepat dan optimal disampaikannya,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Selasa 29 November dan berakhir pada Rabu 30 November 2022 di Hotel Rattan In Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini pun dibuka langsung oleh Sekda Provinsi Kalsel Ir roy Rizali Anwar. Sekdaprov Kalsel mengajak media dan humas untuk saling menguatkan sinergi. Hal tersebut penting guna menjaga keutuhan bangsa serta upaya melawan hoax.

“Ini yang menjadi setral pembahasan, melalui kegiatan ini kita dapat bersinergi memberikan dampak positif dan masukan,” Sekdaprov Kalsel saat membuka kegiatan Literasi Media Resolusi 2023: Humas dan Media Kudu Baperan.

Baca juga  : Personel Koramil Sungai Loban Bersama Warga Perbaiki Rumah Salasiah di Sebamban Lama

Diskusi menghadirkan beberapa narasumber berkompeten di antaranya Staf Ahli Bidan Politik dan Hukum Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Dr Muhammad Imanuddin SH MSi.

Materi diskusi juga turut disampaikan oleh Redaktur Pelaksana Portal InfoPublik Kementerian Kominfo, Taufik Rauf, serta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kalsel, Zainal Helmie.

Di tahun politik seperti sekarang, tiga narasumber berkompeten itu menyikapi keberadaann fenomena hoax yang kerap terjadi dalam ranah pemberitaan pemerintahan.

Mereka berdiskusi bersama para jurnalis media dan humas membahas mulai dari literasi pemberitaan hingga bagaimana caranya memberikan pemahaman berita yang baik terutama di tahun politik.

Baca juga  : Pemkab Tanbu Apel Peringatan HUT ke-51 Korpri, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka 

Menariknya pada kegiatan ini juga, para peserta dapat memberikan pesan kritik hingga harapan mereka dari terselenggaranya kegiatan ini.

Hal itu dapat dilihat dari sebuah link Google Jamboard yang dibagikan. Para peserta pun antusias menuliskan berbagai tulisan pesan kritik dan harapannya yang dipajang pada sebuah note di papan tulis. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->