Connect with us

VOA

Daftar Negara dan Maskapai Penerbangan yang Larang Boeing 737 MAX

Diterbitkan

pada

Sebuah segel terpasang di badan pesawat Boeing 737 MAX yang terparkir di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, di Bandara Internasioal Soekarno-Hatta, 13 Maret 2019.

Pasca jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3) yang menewaskan 157 penumpang dan awak, sejumlah besar negara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia telah melarang pengoperasian Boeing 737 MAX atau melarang pesawat itu terbang di wilayah udara mereka. Kecelakaan di Addis Ababa itu hanya berselang kurang dari lima bulan setelah jatuhnya pesawat Lion Air dengan jenis yang sama di Laut Jawa, menewaskan 189 penumpang dan awak. Negara mana dan maskapai penerbangan apa saja yang sudah melarang terbang pesawat Boeing jenis 737 MAX?

Australia

Pemerintah Australia telah mengumumkan larangan sementara pesawat Boeing 737 MAX, meskipun tidak ada satu pun maskapai negara kanguru itu yang mengoperasikan jenis pesawat tersebut. Otorita Keselamatan Penerbangan Sipil hari Selasa (12/3) mengatakan larangan itu ditujukan pada dua maskapai penerbangan asing – SilkAir dan Fiji Airways – yang menggunakan jenis pesawat itu untuk terbang ke Australia.

 

Afrika Selatan

Comair, pengelola British Airways dan Kulula di Afrika Selatan, telah melarang terbang seluruh Boeing 737 MAX 8 sambil melanjutkan konsultasi dengan Boeing, operator penerbangan lain dan pakar-pakar teknis. Pernyataan itu tidak merinci berapa banyak pesawat yang terkena dampak, namun menegaskan bahwa keputusan diambil tanpa campur tangan siapa pun.

 

Amerika

Administrasi Penerbangan Federal (FAA), Rabu (13/3), melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX, dengan mengatakan “informasi baru” menunjukkan sejumlah kemiripan antara pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air yang sama-sama jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara. FAA mengeluarkan larangan terbang itu sementara tim penyelidiknya masih berupaya menentukan apakah ada penyebab yang sama dalam dua kecelakaan itu. FAA telah dikecam karena tetap membiarkan Boeing 737 MAX terbang, sementara sejumlah negara telah mengeluarkan larangan sejak Senin (11/3).

 

Brazil

Gol Airlines di Brazil telah menangguhkan penggunaan tujuh pesawat Boeing 737 MAX 8. Maskapai itu berharap dapat segera menggunakan kembali jenis pesawat itu. Gol Airlines menggunakan MAX 8 untuk hampir 3.000 penerbangan.

 

China

China memiliki 96 pesawat Boeing 737 MAX 8, yang dioperasikan oleh maskapai Air China, China Eastern Airlines dan China Southern Airlines. Otorita penerbangan sipil telah melarang terbang semua pesawat itu sejak hari Senin (11/3). Delapan warga negara China ikut menjadi korban dalam kecelakaan Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3).

 

Ethiopia

Juru bicara Ethiopian Airlines mengatakan pihaknya telah melarang terbang sisa empat pesawat Boeing 737 MAX 8 sebagai “langkah keamanan ekstra” sambil menyelidiki kecelakaan pada Minggu (10/3). Maskapai penerbangan itu sebenarnya sedang menunggu pengiriman 25 lagi pesawat Boeing 737 MAX 8.

 

Eropa

Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA), Selasa (12/3), telah mengeluarkan perintah larangan terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9. EASA mengatakan perintah darurat tentang kelaikan udara itu masih “tahap awal” dari penyelidikan terbaru yang “tidak dapat mengecualikan adanya penyebab serupa pada kedua peristiwa (jatuhnya Boeing jenis 737 MAX 8.red).” Perintah itu diberlakukan di seluruh wilayah udara Uni Eropa.

 

Fiji

Fiji telah melarang seluruh pesawat Boeing 737 MAX 8 yang terbang dari atau menuju ke negara itu. Keputusan itu hanya menimbulkan dampak pada satu maskapai penerbangan yaitu Fiji Airways.

 

Hong Kong

Hong Kong, Rabu (13/3), melarang operasi seluruh Boeing 737 MAX “yang terbang dari, menuju ke, atau berada di atas wilayah udara” pusat penerbangan utama di Asia itu.Pengumuman Departemen Penerbangan Sipil itu mengatakan larangan itu akan berlanjut “hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.” Ditambahkan, departemen itu telah menghubungi dua maskapai penerbangan yang menggunakan Boeing 737 MAX dari atau menuju bandara internasional Hong Kong, yaitu SpiceJet milik India dan Globus Airlines milik Rusia.

 

Islandia

Icelandair Group telah menghentikan untuk sementara waktu operasi tiga pesawat Boeing 737 MAX hingga pemberitahuan lebih lanjut. Presiden dan CEO Icelandair Bogi Nels Bogason, Selasa (12/3), mengatakan penangguhan sementara itu tidak akan berdampak pada operasi perusahaan karena dari 33 pesawat yang ada, hanya ada tiga jenis 737 MAX.

 

India

India telah melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX sejak Selasa malam (12/3), dengan mengatakan pesawat-pesawat itu akan dilarang terbang “hingga ada modifikasi yang tepat dan dilakukan langkah-langkah keselamatan untuk memastikan keamanan operasi mereka.”

Indonesia

Pemerintah Indonesia juga telah melarang terbang sementara seluruh Boeing 737 MAX 8 untuk memeriksa kelaikan terbangnya. Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti mengatakan langkah itu diambil untuk memastikan keselamatan penerbangan. Pesawat Lion Air jenis yang sama jatuh 29 Oktober lalu di Laut Jawa, delapan menit setelah lepas landas dari bandara Soekarno-Hatta. Indonesia memiliki 11 pesawat Boeing 737 MAX 8, dimana 10 dioperasikan oleh Lion Air, dan satu lainnya oleh Garuda.

Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan Air Canada mendarat di Bandara Internasional Toronto setelah terbang dari San Francisco. Tampak Boeing 737 MAX 8 lainnya terparkir di Toronto, Ontario, Kanada, 13 Maret 2019

 

Kanada

Pemerintah Kanada, Rabu (13/3), menutup wilayah udaranya untuk digunakan Boeing 737 MAX 8. Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau mengatakan perbandingan fluktuasi vertikal menemukan “kemiripan profil” kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines dengan Lion Air. Kanada kehilangan 18 warga negara dalam kecelakaan di Ethiopia pada Minggu, jumlah korban tewas terbanyak kedua setelah Kenya.

 

Kepulauan Cayman

Cayman Airways, sebuah maskapai penerbangan Karibia, tidak lagi menggunakan dua Boeing 737 MAX 8. Presiden dan CEO Cayman Airways Fabian Whorms mengatakan langkah yang diambil Senin lalu itu (11/3) akan menimbulkan perubahan jadwal penerbangan. Cayman Airways adalah maskapai nasional Kepulauan Cayman, suatu wilayah di luar Inggris.

 

Korea Selatan

Maskapai penerbangan Eastar Jet mulai Rabu (13/3) melarang terbang dua pesawat Boeing 737 MAX 8 dan menggantikannya dengan Boeing 737-800 untuk penerbangan ke Jepang dan Thailand. Maskapai itu mengatakan tidak menemukan masalah apapun, tetapi tetap mengeluarkan larangan itu berdasarkan masukan para penumpang yang khawatir.

 

Malaysia

Otorita Penerbangan Sipil mengatakan tidak ada maskapai Malaysia yang mengoperasikan Boeing 737 MAX 8, tetapi maskapai-maskapai penerbangan asing tetap dilarang terbang di wilayah udara Malaysia dan juga untuk singgah di bandara mereka hingga pemberitahuan lebih lanjut.

 

Meksiko

Maskapai penerbangan Aeromexico telah melarang terbang enam pesawat 737 MAX 8, dengan mengatakan “pihaknya benar-benar percaya pada keamanan armada Aeromexico tetapi memerintahkan larangan terbang itu untuk memastikan keselamatan operasi dan pelanggannya.” Ditambahkan bahwa jenis pesawat lain akan mengambilalih rute yang biasanya digunakan oleh 737 MAX 8.

 

Oman

Oman dan Uni Emirat Arab telah melarang seluruh pesawat jenis 737 MAX 8 dan MAX 9. Otorita Publik Penerbangan Sipil Oman menyampaikan pengumuman tanpa merinci alasannya. Oman Air milik pemerintah mengoperasikan lima pesawat Boeing 737 MAX 8 dan kini menjadwalkan jenis pesawat lain untuk menggantikannya.

 

Panama

Copa Airlines telah melarang terbang untuk sementara waktu enam Boeing 737 MAX 9 hingga penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines diketahui.

 

Selandia Baru

Selandia Baru telah melarang terbang penerbangan Boeing 737 MAX 8 dari dan menuju ke negara itu. Keputusan itu menimbulkan dampak pada satu operator, yaitu Fiji Airways. Tidak ada maskapai penerbangan lain di Selandia Baru yang menggunakan MAX 8.

 

Para petugas forensik mengumpulkan sampel barang-barang dari pesawat Lion Air penerbangan JT610 yang jatuh di Laut Jawa. Barang-barang tersebut dikumpulkan di Tanjung Priok, Jakarta, 2 November 2018

Singapura

Singapura melarang terbang sementara seluruh Boeing 737 MAX 8 dan model lain yang sama dengan MAX, untuk memasuki atau meninggalkan negara itu. SilkAir, maskapai penerbangan di bawah payung Singapore Airlines, memilki enam 737 MAX 8. Pemerintah Singapura mengatakan “larangan itu akan menimbulkan dampak pada sebagian jadwal penerbangan.”

 

Turki

Turkish Airlines melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX. CEO Turkish Airlines Bilal Eksi lewat Twitter menyatakan bahwa penangguhan itu akan berlanjut “hingga masalah keamanan yang terkena dampak dapat diselesaikan.”

 

Uni Emirat Arab

Otorita Penerbangan Sipil UEA melarang seluruh Boeing 737 MAX dari wilayah udara mereka sebagai “langkah berjaga-jaga.” MAX adalah jenis pesawat utama yang digunakan maskapai dengan biaya operasi rendah milik pemerintah, FluDubai. Maskapai ini mengoperasikan 11 Boeing 737 MAX 8 dan dua MAX 9. Total armada maskapai ini adalah 60 pesawat, mencakup beberapa model 737 lainnya.

 

Vietnam

Vientam melarang seluruh pesawat Boeing 737 MAX dari wilayah udaranya hingga pemberitahuan lebih lanjut. Tidak satu pun dari empat maskapai di Vienam menggunakan model 737 MAX, tetapi maskapai Easter Jet milik Korea Selatan, Lion Air milik Thailand dan Malindor Air milik Malaysia terbang ke beberapa bandara di Vietnam. (em/kk/voa)

Reporter:em/kk/voa
Editor:KK

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->