Ciptakan Aplikasi PAHARI, DPMDes Pulpis Dapat Support Komisi I - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Ciptakan Aplikasi PAHARI, DPMDes Pulpis Dapat Support Komisi I

Diterbitkan

pada

Kadis DPMDes Pulpis Syaripul Pasaribu (kanan) memberikan penjelasan tentang manfaat Aplikasi PAHARI dihadapan tenaga ahli pendamping desa. Foto : sanjaya

PULANG PISAU, Mempermudah pelayanan administrasi tingkat desa dan kelurahan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Pulang Pisau Syaripul Pasaribu mencetuskan pembuatan aplikasi PAHARI (Pelayanan Administrasi Handep Hapakat Mandiri).

Sistem kerja aplikasi tersebut dikatakan Syaripul diyakini akan mampu mempermudah pelayanan administrasi di tingkat desa dan kelurahan kepada pihak yang memerlukan akses data, khususnya yang ingin berurusan dengan data administrasi, semacam e-KTP, profil desa hingga penggunaan dana desa.

“Aplikasi akan berisi data-data penduduk, berisi informasi profil desa, juga memuat perkembangan penggunanan anggaran dana di masing-masing desa. Sehingga pihak-pihak terkait yang perlu data cepat tinggal membuka aplikasi ini, lalu tinggal klik buka,” beber Syaripul di hadapan sejumlah tenaga ahli pendamping desa.

Dilanjutkan Syaripul, ide menciptakan aplikasi PAHARI berawal dari banyaknya keluhan beberapa pihak yang mengaku cukup kesulitan untuk mengakses seputar informasi desa-desa yang ada di Pulang Pisau. Padahal di zaman teknologi seperti saat ini, seharusnya arus informasi harus mudah di dapatkan. Setelah berpikir dan diskusi dengan banyak pihak akhirnya aplikasi PAHARI berhasil dikonsep.

“Saya rasa, aplikasi ini sangat sesuai dengan kebutuhan desa-desa di Pulang Pisau. Apalagi visi- misi Bupati terpilih mengusung program inovatif yang berkelanjutan. Nah, aplikasi ini sangat berkesesuaian. Cara kerjanya, aplikasi akan dibagikan pada pihak desa, kemudian desa menunjuk tenaga khusus yang akan mengelola aplikasi serta mengisi informasi yang mereka miliki. Orang yang ditunjuk harus mengikuti bimtek untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut agar bisa terus berkelanjutan,” tuturnya.

Untuk merampungkan aplikasi tersebut Syaripul mengaku telah menggandeng programer IT. Dengan sentuhan inovasi, maka sistem pelayanan administrasi tersebut saat ini di anggap sangat lengkap. Bahkan sejauh ini aplikasi PAHARI ini dianggap sebagai sistem pelayanan administrasi terlengkap yang ada.

Terpisah, Ir Gunawan, Ketua Komisi I DPRD Pulang Pisau memberikan komentar positif terkait kemunculan aplikasi PAHARI. Dikatakan Gunawan, di tengah upaya mempercepat layanan birokrasi yang selama ini dianggap lelet dan ribet, inovasi berbasis teknologi adalah solusinya.

“Kita sangat mendukung, jika perlu dibuat Perbub-nya sehingga semua desa serentak menggunakan aplikasi tersebut, dan segera saja dilakukan Bimtek,” katanya.

Manfaatnya bisa dirasakan secara merata, selama ini tuntutan banyak sekali atas penggunaan dana desa yang cukup besar, sebagai gantinya maka pelaporan harus dilakukan secara terbuka dan bisa diakses siapa saja. “Aplikasi PAHARI ini tentu bisa sebagai jawaban. Kenapa saya katakan demikian, karena saya sudah dijelaskan langsung Kadis DPMDes sehingga saya yakin manfaatnya,” ungkap Gunawan. (sjy)

Reporter : Sjy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 13
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan