Bursa Inovasi Desa, 277 Desa di Banjar Ikut Serta - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Bursa Inovasi Desa, 277 Desa di Banjar Ikut Serta

Diterbitkan

pada

Bursa Inovasi Desa se Kabupaten Banjar di SDN Bertaraf Internasional Jalan Candra Kirana, Kelurahan Indrasari. Foto : rendy

MARTAPURA, Bursa inovasi desa menjadi upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa. Pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangam sumber daya manusia, serta infrastruktur desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar menggelar Bursa Inovasi Desa se Kabupaten Banjar di SDN Bertaraf Internasional Jalan Candra Kirana, Kelurahan Indrasari, Rabu (14/11).

Bursa inovasi desa dibuka Sekda Banjar Nasrunsyah, diikuti 277 desa se Kabupaten Banjar. Menampilkan 3 bursa inovasi desa yakni bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang pengembangan ekonomi dan kewirausahaan, dan bidang infrastruktur.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar H Aspihani mengatakan, adanya bursa inovasi desa diharapkan semua desa berkomitmen mereplikasi inovasi yang bisa diterapkan desa masing-masing dan dianggarkan dalam APBDes tahun 2019 serta tahun berikutnya.


“Memberikan masukan dan ide perencanaan pembangunan desa, membagi kegiatan inovasi yang telah didokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan, serta membangun komitmen desa untuk melakukan adaptasi inovasi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Banjar Nasrunsyah mengapresiasi terselenggaranya bursa inovasi desa. Ia  berharap, berbagai inovasi yang ditampilkan, setiap masing-masing desa dapat merealisasi ide sesuai dengan kondisi desa masing-masing.

“Sekarang untuk bisa besaing harus mempunyai inovasi, dan inovasi yang terbaik harus mampu dicontoh dan memberi motivasi ke desa yang lain, sehingga bisa sama-sama bangkit dan mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan Barokah,” ujar Nasrunsyah.

Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) yang ada di Kabupaten Banjar terus difasilitasi, sehingga mampu memperkuat daya saing Bumdes. “Bumdes harus mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, semakin lebih membaik dan menjadi lebih kuat,” pungkasnya. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!