Connect with us

Kab. HSU

Bupati Wahid Berharap HSU Dapat Pertahankan Status WTP

Diterbitkan

pada

Bupati HSU berharap status WTP dapat terus dipertahankan di daerahnya Foto: dew

AMUNTAI, Bupati HSU H Abdul Wahid HK berharap laporan keuangan Pemerintah Kabupaten HSU tahun 2018 dapat mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2019 ini.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri gelaran Penyerahan Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (LK SKPD) tahun 2018 dihadapan para pejabat SKPD dan camat lingkungan pemerintah Kabupaten HSU di aula BPKAD HSU, Jumat (8/2).

Lebih lanjut, Bupati Wahid mengatakan, dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten HSU tahun anggaran 2018 harus kembali mendapatkan pencapaian standar opini WTP. “Kabupaten Hulu Sungai Utara ini sudah mendapatkan opini WTP tersebut sebanyak 3 kali berturut-turut sehingga pada 2018 kali ini kita usahakan harus mendapatkan opini WTP tersebut,” tegasnya.

Wahid berpesan agar dalam penyusunan laporan keuangan SKPD harus ada kerjasama serta dukungan dari semua kepala SKPD agar bisa bekerja keras, bekerja cerdas, cermat, tuntas dan bekerja dengan ikhlas. Selain itu, ia juga berharap penyusunan buku laporan keuangan SKPD agar dalam bentuk yang lebih elegan dengan memanfaatkan fasilitas alat dan tenaga secara maksimal.

Sementara itu H. Suyadi selaku kepala Badan Pengelola Keuangan dan aset Daerah (BPKAD) HSU, dalam sambutannya menjelaskan, penyerahan laporan keuangan dilaksanakan dalam rangka memenuhi ketentuan UU pasal 240 ayat 2 Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Adapun jumlah SKPD kabupaten HSU selaku entitas yang harus menyampaikan laporan keuangan SKPD berjumlah 47 entitas yang terdiri dari badan, dinas, kantor, bagian, rumah sakit umum daerah dan kecamatan. “Nantinya laporan keuangan seluruh SKPD kabupaten Hulu Sungai Utara ini akan di konsulidasi menjadi laporan keuangan pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara,” lanjut Suyadi.

Adapun laporan keuangan yang disampaikan oleh SKPD- SKPD tersebut meliputi, Laporan realisasi anggaran (LRA), Laporan neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ikwitas, dan Catatan atas laporan keuangan SKPD tersebut.

Suyadi menambahkan, dari seluruh hasil laporan keuangan yang telah diproses keseluruhannya selanjutnya diaudit oleh BPK, diharapkan hasil audit tersebut memperoleh hasil yang baik. “Mudah- mudahan laporan keuangan tahun 2018, HSU dapat kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian,” harapnya.(dew)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share