Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

BPBD HSU Jadikan Desa Babirik Hilir sebagai Desa Siaga Bencana

Diterbitkan

pada

Pencanangan Desa Babirik Hilir sebagai Desa Siaga Bencana. Foto : dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Penguatan Kapasitas Wawasan untuk Mencegah dan Kesiap-siagaan menghadapi bencana, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan yang digelar di Kantor Desa Babirik Hilir Kecamatan Babirik diikuti warga desa setempat. Pada kesempatan tersebut juga dicanangkan Desa Babirik Hilir sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi mengatakan, pembentukan Destana ini sesuai dengan SK Bupati tahun 2021 dengan membentuk Destana di HSU.

“Hari ini kita bentuk Desa Babirik hilir sebagai Destana, yang mana akan kami berikan pembekalan ataupun pelatihan, dan juga pembentukan struktur organsasinya serta hal hal penunjang lainnya,” jelasnya.



 

Baca juga : HKN ke-57 di HSU, Capaian Vaksinasi 38 Persen, Akhir Tahun Bisa 60 Persen

Sugeng menjelaskan, dipilihnya Desa Babirik Hilir sebagai Destana dilihat dari desa yang rawan akan terjadinya bencana.

“Secara umum di HSU memang dari 219 desa yang ada hampir semua desa atau daerah rawan bencana salah satunya banjir, ke depannya saya berharap secara bertahap semua desa dapat menjadi Destana. Jadi soal bencana nantinya desa-desa akan lebih bisa mandiri seandainya jika terjadi bencana, baik itu bencana alam ataupun non alam,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Babirik Hilir, Arfansyah menyampaikan terima kasih atas terpilihnya desanya sebagai Destana.

 

Baca juga : 10 Tahun Tak Ada Kenaikan, Bupati Banjar Janji Perjuangkan Tunjangan Guru

“Kami ucapkan terima kepada pemerintah daerah melalui BPBD HSU yang telah membentuk desa ini sebagai Destana, dengan adanya kegiatan ini kami berharap masyarakat dapat menerapkan sebaik-baiknya pembekalan ataupun pelatihan yang telah disampaikan, yang nantinya dapat mengantisipasi agar lebih aman serta lebih tanggap jika terjadi bencana,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini, di samping diberikan pemahaman dalam menghadapi bencana, para peserta yang notabene warga Desa Babirik Hilir ini juga diberikan pelatihan terkait penanggulangan serta mengatasi bencana yang kerap terjadi seperti banjir dan kebakaran lahan (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->