Connect with us

Kota Banjarbaru

“Borneo UMKM Expo 2021” Bangkit di Tengah Pandemi

Diterbitkan

pada

Borneo UMKM Expo 2021 berlangsung dari 25 November hingga 5 Desember 2021. Foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Hidupkan Usaha Mkro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kalimantan Selatan, Borneo UMKM Expo 2021 digelar Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Kalsel, 25 November sampai 5 Desember 2021, di Amanah Borneo Park.

Borneo UMKM Expo 2021 tersebut bertempat di halaman ketangkasan Amanah Borneo Park Jalan Taruna Bhakti, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

Sedikitnya ada 200 pelaku UMKM yang menampilkan produk-produknya, dari makanan ringan, aksesoris khas Kalimantan, sasirangan dan lainnya.

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin berkesempatan membuka secara simbolis Borneo UMKM Expo 2021 ditandai pengguntingan balon udara. Aditya mengharapkan adanya Borneo UMKM Expo 2021 ini bisa meningkatkan pelaku usaha kecil menengah di Kota Banjarbaru.



 

 

Baca juga: Susul Honda CRV, Giliran Klinik Kesehatan Diduga Milik Abdul Wahid Disegel KPK

“Kita berharap dengan adanya expo ini bisa meningkatkan UMKM yang ada di Kota Banjarbaru, baik dari kualitas, penjualan dan lain-lain,” harapnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru fokus untuk melakukan pembinaan dan membantu kemajuan UMKM agar memiliki standardisasi sebuah produk.

“Di Banjarbaru mempunyai program dalam membantu UMKM untuk sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sudah lulus ada 15 produk UMKM, sehingga bisa dijual ke toko ritel dan pasar modern,” ungkapnya.

Baca juga: UMP Kalsel 2022 Hanya Naik Rp29 Ribu, Aliansi Buruh Banua Demo ke Dewan

Sementara itu, Kepada Bidang Bina Usaha Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru, Asep Saputra mengatakan, ada 20 produk lokal Kota Banjarbaru yang terpajang di Borneo UMKM Expo 2021.

“Event ini media UMKM di Banjarbaru kembali bangkit akibat terkendala dalam pandemi Covid-19, juga momentum kebangkitan UMKM Kota Banjarbaru yang disupport PKK Kota Banjarbaru,” ungkapnya.

Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru menampilkan produk berupa kerajinan purun, tas, sepatu, kain sasirangan hingga makanan yang dihasilkan dari UKM di Banjarbaru.

Pelaku usaha kecil rumah tangga di Kota Banjarbaru banyak produk yang sudah dihasilkan oleh pelaku UKM di Kota Banjarbaru, karena tempat yang tidak memungkinkan untuk semuan produk ditampilkan, sehingga hanya 20 produk yang dipilih.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->