Berangkat ke Bandara Cuma Diantar Naik Motor, Pulang Disambut Pengawalan Luar Biasa - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Berangkat ke Bandara Cuma Diantar Naik Motor, Pulang Disambut Pengawalan Luar Biasa

Saipul Anwar, Peraih 2 Medali Asian Para Games 2018 Tiba di Pasayangan

Bagikan berita ini!

Diterbitkan

pada

Kedatangan Saipul Anwar di kampung halaman desa Pasayangan, Martapura, disambut suka cita keluarga dan warga. Foto : rendy

MARTAPURA, Atlet difabel Saipul Anwar (39), peraih dua medali Asian Para Games 2018 disambut meriah dan haru warga Kabupaten Banjar, Senin (15/10). Kepulangannya ke kampong halaman desa Pasayangan, Kecamatan Martapura disambut sinoman hadrah.

Meski sudah mengantongi bonus dari Presiden RI Jokowi, Pemkab Banjar masih belum memberikan bonus atlet difabel yang meraih perak dan perunggu Asian

Di hadapan awak media saat tiba di rumahnya, atlet difabel peraih perak Asian Para Games, nomor individual time trail 12 Km kelas C3 mencatatkan waktu 18:50,520, dan medali perunggu nomor individual pursuit kelas C3 3.000 meter dengan catatan waktu 04:18,383, dibuat berkaca-kaca ketika bersua keluarganya.

Ia diarak naik mobil BPK terbuka mulai dari Guest House Sultan Sulaiman kampung halamannya desa Pasayangan Selatan, Kecamatan Martapura disambut Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama warga Pasayangan.

“Sebelumnya saya tidak menyangka ada acara semacam ini, meriah sekali banyak sekali sambutan dimana-mana, sebenarnya saya ingin langsung pulang bertemu keluarga selepas pertandingan berakhir waktu itu, namun pemerintah sangat mengapresiasi saya dimana-mana ada sambutan, dan saya sangat bersyukur akan hal itu,” ujarnya.

Apalagi saat berangkat menuju pemusatan latihan dan karantina atlet ke Solo, Jawa Tengah, kala itu saat hendak menuju ke Bandara Syamsudin Noor hanya diantar  menggunakan kendaraan roda dua oleh keponakannya sendiri. “Waktu itu handak tulak ke Bandara berangkat ke Solo untuk karantina dan pemusatan latihan hanya diantar pakai sepeda motor, buliknya pakai pengawalan seperti ini,” aku Saipul Anwar penuh haru.

Saipul Anwar mengaku, penghargaan yang diraihnya ini merupakan penghargaan yang tidak didapatnya dengan mudah. Mengingat keberhasilan tersebut tidak lain atas kerja keras latihan selama ini dsecara ekstra. Setiap hari saat di pemusatan latihan di Solo, sedari pagi hingga menjelang siang ia berlatih, hanya berselang satu dua jam untuk istirahat, lalu melanjutkan latihan lagi dari tengah hari hingga sore hari.

“Alhamdulillah berkat Allah SWT saya dapat memperoleh medali ini, semua itu juga karena semangat saya tinggi, walaupun dengan keadaan seperti ini, namun untuk membuktikan yang terbaik bagi negara, inilah hasilnya,” ujarnya.



Saipul Anwar menceritakan dirinya mulai menjadi paralimpian -sebutan lain atlet difabel- sejak tahun 2010. Dimana pada saat itu, ia mengikuti cabang atletik hingga pada tahun 2017, karena merasa saingan sangat banyak dan ketat, ia memutuskan pindah haluan untuk mengikuti cabang baru yaitu cycling alias balap sepeda.

Ketika ditanya Kanal Kalimantan berapa total bonus dan akan digunakan untuk apa saja, sambil tersenyum Saipul Anwar mengatakan, untuk perolehan dua medali tersebut dirinya mendapatkan bonus total senilai Rp 600 juta, sebesar Rp 500 juta dari perolehan medali perak di kategori 12 km individual time trail kelas C3, dan Rp 100 juta untuk raihan medali perunggu kategori individual pursuit kelas C3 3.000 meter.

“Bonus itu semua masih belum terpikir akan digunakan untuk apa, pastinya akan saya gunakan untuk kebutuhan keluarga dan kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Masih di tempat sama, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur ketika ditanya awak media terkait bonus ayang mungkin akan diberikan Pemkab Banjar mengatakan, hingga saat ini masih belum ada. Mengingat kehadiran dirinya, hanya untuk menyambut kedatangan Saipul Anwar.

“Untuk saat ini masih belum ada, karena keadaannya mendadak, namun pertemuan ini juga merupakan penghargaan bagi saya, dimana putra daerah kita sudah meraih prestasi hingga tingkat internasional yang perlu diapresiasi,” ujarnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan