Connect with us

Kota Banjarbaru

Baru Terima Hasil Swab 100 Orang dari 1.412 Sampel di Banjarbaru, Dinyatakan 5 Positif 95 Negatif Covid-19

Diterbitkan

pada

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza. Foto : Rico
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pelaksanaan tes swab masif secara serentak di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Selatan telah selesai dilaksanakan pada pekan lalu. Kini, seluruh sampel penduduk yang mencapai belasan ribu itu diuji menggunakan alat PCR untuk mengetahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Khusus di kota Banjarbaru, pelaksanaan tes swab masif diikuti sekitar kurang lebih 1.412 orang. Jumlah ini melebihi target alokasi yang awalnya ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, yakni sebanyak 834 orang. Pasalnya, Pemko Banjarbaru juga turut menggandeng pihak BUMN untuk menggelar tes swab masif secara bersamaan.

Lalu, bagaimana hasilnya? Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza, mengatakan, untuk saat ini pihaknya baru menerima hasil swab dari 100 orang saja. Dari jumlah ini, mayoritas dinyatakan negatif terpapar Covid-19.

“Dari seribu lebih warga Banjarbaru yang mengikuti tes swab masif kemarin, baru 100 orang saja yang sudah kita ketahui hasilnya. Lima diantaranya terkonfirmasi positif dan 95 orang lainnya dinyatakan negatif terpapar Covid-19,” katanya, Senin (24/8/2020) sore.



Usai diketahui ada yang terpapar, kata Rizana, pihaknya langsung bertindak cepat dengan menghubungi 5 orang tersebut dan melakukan penelusuran siapa saja yang pernah kontak erat dengan mereka. Nantinya orang-orang tersebut juga akan dilakukan pemeriksaan tes swab.

Kadinkes Banjarbaru menuturkan pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Pemprov Kalsel, ihwal hasil tes swab ribuan orang lainnya. Kendati demikian, pihaknya juga tetap akan melakukan upaya mitigasi, apabila terjadi lonjakan signifikan kasus Covid-19 di Banjarbaru.

“Memang kita masih menunggu, karena hasil swab masif kemarin itu agak lambat keluarnya. Tapi sembari itu, kami juga mencoba mencari informasi diluaran, sebagai upaya mitigasi apabila memang ada lonjakan kasus positif,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarbaru, Senin (24/8/2020) pukul 16.00 Wita, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjarbaru bertambah 15 kasus.

Walaupun demikian, sampai saat ini untuk total jumlah pasien sembuh memiliki persentasi yang cukup tinggi dibandikan dengan jumlah yang pasien Covud-19 yang masih dirawat. Jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Banjarbaru saat ada 782. Dimana 16 orang masih dirawat, 156 dalam pantauan, 563 orang telah dinyatakan sembuh, dan 47 orang meninggal.

Total yang dicurigai Covid-19 (suspek) ada 116 orang, kondisi seseorang yang masih suspek dengan bergejala Covid-19 ISPA berat namun belum terkonfirmasi negatif atau positif (probabel) ada 26 orang. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie



  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->