Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

Balitbangda Kalsel Survei Potensi Desa Belangian

Diterbitkan

pada

Balitbanda Kalsel saat melakukan potensi di Desa Belangian Foto : Dishutkalsel

BANJARBARU, Desa Belangian yang berada di sudut Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar memiliki banyak potensi. Dari mulai sektor pertanian, perkebunan, perikanan, hingga kehutanan. Terkait hal ini, tim dari Balitbangda dengan didampingi beberapa staf UPT Tahura Sultan Adam, Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian melaksanakan kegiatan survei potensi yang ada di desa tersebut, Minggu (18/11).

Pada survei tersebut, tim dari masing-masing sektor meneliti serta mencatat tiap-tiap potensi desa Belangian yang dapat dikembangkan. Meliputi sektor perkebunan, pertanian dan peternakan.

Hasil survei secara umum, untuk sektor perkebunan tim menyarankan untuk menanam kopi atau kakau. Sedangkan sektor pertanian berpotensi untuk tanaman musiman seperti kacang, cabe dan kedelai.

Untuk sektor pertanian dan perkebunan dalam mendukung program desa wisata masyarakat perlu didorong menuju ke arah pertanian dan perkebunan organik yang secara perlahan meninggalkan obat obatan kimia. Untuk mendukung program tersebut, dalam hal sektor peternakan tim menyarankan agar dikembangkan peternakan kambing sebagai salah satu sumber pupuk organik bagi tanaman nantinya.

Dengan didapatnya potensi Desa Belangian dari tiga sektor tersebut, diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi pihak terkait untuk mengembangkan Desa Belangian yang akan berdampak pada kesejahteraan warga desa sebagai daerah pembangunan terpadu.(rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!