Balai Perbenihan Tanahan Hutan Terus Mempersiapkan HPS - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

Balai Perbenihan Tanahan Hutan Terus Mempersiapkan HPS

Diterbitkan

pada

Excavator melakukan pendalaman dan pelebaran lubang tanam di areal HPS Foto: Dishut

BANJARBARU, Sebagai upaya turut serta mensukseskan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVIII pada pertengahan Oktober 2018 nanti, Dishut Prov. Kalsel melalui Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) terus melaksanakan langkah-langkah persiapan di areal MH2T yang dijadikan lokasi penanaman HPS, Senin (17/9) lalu.

Langkah persiapan kali ini antara lain alat berat excavator melakukan pendalaman dan pelebaran lubang tanam, memasukan pupuk kandang + sekam + tanah media ke lubang tanam, pemasangan ajir pada lubang tanam dan perataan batas luar blok jalan inspeksi. Kegiatan-kegiatan persiapan tersebut di atas dilaksanakan oleh Kru BPTH dibantu para tenaga harian.

Sedianya lokasi penanaman HPS ini akan dilakukan penanaman sebanyak ± 60 bibit pohon jenis lokal endemik oleh Team Diplomatic Tour Kementerian Luar Negeri pada puncak peringatan HPS yang rencananya dihadiri juga oleh Presiden RI Jokowi.

Sebelumnya, Dishut Prov. Kalsel dipimpin Kabid PKSDAE terus melaksanakan langkah persiapan berupa pengapuran/penebaran kapur di lokasi petak sawah kapling Dishut seluas ± 10 ha yang dijadikan lokasi penanaman HPS. Pada kegiatan tersebut masing-masing bidang mengerahkan 10 orang staf untuk melaksanakan penaburan kapur di lokasi, tujuan dari pengapuran pada intinya adalah bagaimana supaya tanah memiliki PH yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan kelarutan Al dalam tanah dapat ditekan.

Dengan aplikasi pemberian kapur yang tepat pada saat pengolahan tanah, sangat bermanfaat untuk mencegah dan memperbaiki meningkatnya kadar keasaman pada tanah. Hal tersebut dapat mempengaruhi baik jangka pendek , jangka panjang dan produktivitas tanaman. Manfaat kapur untuk tanaman adalah untuk menekan pH tanah yang bereaksi masam menjadi netral, ada beberapa keuntungan lain dalam pemberian kapur pada tanah yang masam antara lain struktur tanah akan menjadi lebih baik dan mikroorganisma akan menjadi lebih giat sehingga pelapukan bahan organik yang ada didalam tanah menjadi lebih cepat. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan