Auditorium ULM Rampung, Wisuda Sarjana akan Digelar di Banjarbaru - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Auditorium ULM Rampung, Wisuda Sarjana akan Digelar di Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Gedung auditorium ULM yang baru dibangun Foto : istimewa

BANJARBARU, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) akhirnya memiliki gedung auditorium di Banjarbaru. Bangunan seluas 7.559 meter persegi tersebut akan digunakan berbagai kegiatan berskala akbar karena mampu menampung banyak orang.

Keberadaan auditorium yang berlokasi di kampus ULM Banjarbaru ini juga menjadi kado tersendiri setelah 60 tahun berdirinya ULM. Bangunan tersebut menjadi salah satu dari 12 gedung baru dan infrastruktur ULM dalam proyek Islamic Development Bank (IDB) 7 in 1.

“Dengan adanya gedung baru ini tahun depan wisuda ULM sudah bisa digelar di Banjarbaru. Tahun depan wisuda di Banjarbaru,” kata Rektor ULM Sutarto Hadi, Selasa (2/10).

Sutarto sempat menunjukkan foto auditorium ULM tersebut saat dipotret menggunakan drone. Tampak bangunan megah yang menghadap tugu bundaran Simpang Empat Banjarbaru.

ULM atas bantuan dari IDB membangun 10 gedung baru di Banjarmasin dan 2 gedung baru di Banjarbaru. Bangunan anyar yang dibangun di Banjarmasin yakni Fakultas Ekonomi, Laboratorium Sains dan Sosial, Laboratorium Sains dan Matematika, Laboratorium Sins dan Integrasi, Gedung Serba Guna, FISIP, Fakultas Hukum, S2 Fakultas Ekonomi. Sedangkan untuk di Banjarbaru dua gedung baru yaitu Auditorium dan Sport Center seluas 1.000 meter persegi. Seluruhnya dbangun menggunakan anggaran kurang lebih Rp 380 miliar.

Sutarto Hadi yang terpilih sebagai Rektor ULM periode 2018-2022 ini, menyiapkan beberapa agenda seperti mencapai target agar prodi dengan akreditasi A meningkat hingga 50%. “Kita merancang sistem pembelajaran daring. Jadi targetnya paling tidak 70 peren dosen sudah memiliki konten pembelajaran secara daring,” jelasnya.

Ia juga sudah mengeluarkan SK akan memberikan insentif Rp 7,5 juta kepada setiap dosen yang membuat pembelajaran daring. “Dari segi perangkat juga sudah mendukung. Jadi sudah ada peladen untuk dosen-dosen yang ingin menyediakan materi pembelajaran daring. Baik materi dari buku, video, PPT, dan materi yang lain bisa diunggah, sehingga mahasiswa bisa belajar secara daring.”

Sistem pembelajaran daring ini yang menjadi PR (Pekerjaan Rumah) Kemenristekdikti selaku perwakilan menteri yang menyampaikan siapapun yang terpilih menjadi Rektor ULM periode 2018-2022.

Sedangkan untuk Wakil Rektor ditentukan bulan Desember. “Saya juga meminta pertimbangan dari senat. Kalau kinerja sudah bagus, mungkin bisa kita pertahankan. Tapi kalau memang kita mengganggap perlu perubahan, maka akan kita lakukan,” katanya.

Sutarto juga sedang berbenah untuk membuat akreditasi internasional. “Namanya Asian University Network Qualitity Assurance. Saya sudah mengirim tim ke Bangkok sebulan yang lalu. November saya menyusul. Di sana akan mempelajari bagaimana agar bisa mendapat akreditiasi internasional.”

Ia memprioritaskan prodi yang sudah berakreditasi A untuk mendapat akreditasi internasional. “Targetnya minimal 5 prodi dapat akreditasi internasional. Saya sudah mendata, ada Bahasa Inggris, Ilmu Tanah dan Akuntansi. Jadi tiga dekan ini dulu yang akan saya ajak untuk pelatihan 3 minggu di Bangkok.” (rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan