Connect with us

Kanal Pustaka

Arthur Wynne, Sang Penemu Teka-teki Silang yang Bikin Otak Kamu Encer

Diterbitkan

pada

Arthur Wynne penemu TTS yang saat ini permainannya masih asyik dinikmati Foto : net

Teka-teki silang atau TTS adalah suatu permainan di mana kamu harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan.

Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori ‘mendatar’ dan ‘menurun’ tergantung arah kata-kata yang harus diisi. Tapi, tahukah kamu siapa penemu permainan teka teki silang ini?

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/6) pada 2 Desember 1913, ialah Arthur Wynne menerbitkan TTS dalam majalah New York World dengan format seperti yang kita kenal saat ini. Teka-teki ini, yang bisa dilihat di Crossword Tournament, sering disebut sebagai TTS pertama, dan Wynne sebagai penemunya.

Penemuannya itu dipicu ketika koran tempatnya bekerja memintanya membuat sebuah permainan untuk dimuat. Wynne kemudian mendapat ide dari permainan yang sering ia temui saat masa kanak-kanak, yakni kotak ajaib (Magic Squares), yang merupakan permainan kata-kata yang mengharuskan pemain menyusun kata agar sama mendatar dan menurun hingga membentuk kotak.

Permainan itu lalu ia ubah menjadi teki-teki silang, dan TTS tersebut dimuat pertama kali di harian New York World edisi 21 Desember 1913. TTS kemudian menjadi fitur mingguan di majalah tersebut. Buku kumpulan TTS pertama terbit pada 1924, diterbitkan oleh Simon and Schuster. Bukunya terbukti laris dan TTS menjadi salah satu benda terpopuler pada tahun 1924.

Di Indonesia baru sekitar tahun 70-an TTS mulai banyak dikenal. Pada tahun 1970-an di Jakarta terbit “Asah Otak”, sebuah majalah TTS dan berbagai teka-teki lainnya. Penerbitan ini ternyata sukses sehingga banyak terbitan serupa yang segera mengikutinya. (cel/sumber;brilio.net)

Reporter : Cel/sumber : brilio.net
Editor : Cell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share