Aplikasi i-Martapura Solusi Perpustakaan Digital Era Milenial - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Aplikasi i-Martapura Solusi Perpustakaan Digital Era Milenial

Diterbitkan

pada

Aplikasi i-Martapura Dispersip Banjar. Foto : rendy

MARTAPURA, Sesuaikan kemajuan dan perkembangan zaman era milenial, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar gunakan aplikasi i-Martapura untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepada Kanal Kalimantan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan, aplikasi berbasis android yang diluncurkan pada Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68 lalu, diharapkan mampu meningkatkan minat baca. Terlebih untuk daerah yang jauh dari kota Martapura, sehingga bisa mudah diakses melalui smartphone.

“Aplikasi i-Martapura ini merupakan perpustakaan digital berbasis medsos, yang dapat digunakan melalui smart phone dengan cara mendownload aplikasi tersebut melalui play store, sehingga sekarang tidak perlu repot-repot jauh datang ke kantor kami untuk membaca, tinggal buka aplikasinya, semua sudah tersedia untuk dibaca,” jelasnya.

Dijelaskan Yasna, i-Martapura berisikan buku-buku digital, sehingga dimanapun berada baik masyarakat atau anggota perpustakaan bisa melakukan pinjam buku dengan cara mengunduh aplikasi tersebut.

Terkait mekanisme peminjaman buku dengan aplikasi i-Martapura tersebut, tidak jauh berbeda dengan meminjam buku dengan datang langsung ke perpustakaan, hanya saja lebih mudah karena bisa dimanapun.

“Kami juga nanti akan mengisinya mengikuti kearifan lokal seperti buku-buku agama, karena di sini banyak peminatnya, kami pun nanti akan mengajak instansi-instansi terkait yang ingin punya perpustakaan masuk ke i-Martapura,” ungkapnya.

Peluncuran i-Martapura tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Banjar senada dengan visi dan misi Bupati Banjar.

“Alhamdulillah pada beberapa saat yang lalu pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar secara tidak langsung launching aplikasi i-Martapura tersampaikan, dan sasaran utama kami sekolah-sekolah di Kabupaten Banjar,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 13
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan