Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

Alap-alap Kawah “Elang yang Mengembara”

Diterbitkan

pada

Ilustrasi alap-alap kawah atau Peregrine Falcon. Grafis: Rideka/Kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Alap-alap kawah alias Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek.

Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung betina serupa, tetapi biasanya berukuran dan mempunyai paruh lebih besar dari burung jantan.

Tempat perkembangbiakan alap-alap kawah meliputi wilayah daratan dari tundra hingga daerah tropis. Alap-alap kawah dapat ditemukan hampir diseluruh penjuru bumi, kecuali daerah kutub yang ekstrim, gunung yang sangat tinggi, dan sebagian besar hutan hujan tropis. Ini membuatnya menjadi salah satu predator yang sebarannya paling luas di dunia, dan juga salah satu spesies burung yang paling banyak ditemukan.

Baca juga: Mobil Tercebur di Pelaihari, Tiga Korban Meninggal Dunia Terjebak Dalam Air



 

 

Alap-alap kawah adalah contoh yang sangat sukses dari kehidupan liar di perkotaan. Burung ini mengambil keuntungan dari bangunan tinggi sebagai situs sarang dan banyak mangsa seperti merpati dan bebek. Baik nama Inggris ataupun ilmiah dari spesies ini memiliki kesamaan arti yaitu “elang yang mengembara,” mengacu pada kebiasaan migrasi. (kanalkalimantan.com/wikipedia)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->