Connect with us

Otomotif

AHM Bakal Hadirkan Honda Scoopy 150 Tahun Depan?

Diterbitkan

pada

Skutik konsep Honda Project G - IMOS 2018 Foto : net

PT Astra Honda Motor (AHM) lagi gemar mengeksploitasi mesin skutik 150 cc andalan. Mesin ini juga yang bakal menjadi basis calon model terbaru Scoopy 150 yang rencananya meluncur pertengahan 2019 mendatang. “Scoopy 150 sudah pasti, mungkin paling cepat Juni atau Juli (2019). Konsepnya sudah dipamerkan (di IMOS), tapi nanti bentuk finalnya belum tahu bakal seperti apa,” kata sumber internal perusahaan yang mengetahui rencana ini seperti diberitakan Kompas.com, belum lama ini.

Seperti diketahui, AHM memajang model konsep Project G di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), awal November lalu. Skutik ini diketahui merupakan cikal-bakal Scoopy 150, yang memang diciptakan untuk memperluas cakupan pasar. Honda Scoopy yang dijual saat ini, bermesin 110 cc dan penjualannya cukup cemerlang. Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) periode Januari-Juni 2018, AHM sudah berhasil menjual Scoopy hingga 387.464 unit. Artinya, sebulan rata-rata Honda melego 64.000-an unit Scoopy.
Dengan dihadirkan Scoopy 150, maka AHM bisa memperluas potensi skutik bergaya retro modern ini jadi lebih luas. Boleh dibilang, strateginya mirip-mirip dengan diversifikasi Vario, yang dipasarkan dalam tiga pilihan mesin, yakni 110, 125, dan 150 cc. Eksploitasi satu base engine juga sudah lazim dilakukan dalam indusri otomotif di seluruh dunia. Menyoal urusan efisiensi, biaya yang lebih murah, dan tentunya tuntutan margin yang besar, adalah beberapa faktor utamanya. Investasi besar yang digelontorkan AHM untuk menciptakan mesin skutik 150 baru, tentu butuh mencapai return of investment secepat mungkin. Informasi terbaru lainnya yang diperoleh Kompas.com, soal skutik 150 cc ini, adalah AHM juga tengah menyiapkan satu model yang benar-benar baru. Kalau lancar, kemungkinan besar model ini juga bakal meluncur di 2019, tapi mungkin di pengujung tahun.

“Lagi siapkan kakaknya PCX 150. Punya karakter berbeda dengan PCX, tapi, belum disetujui. Kalau jadi, persiapan produksi bisa dilakukan dengan cepat, karena basis mesinnya sama,” ucap sumber itu lagi. (kmps)

Reporter:Kmps
Editor:KK

 

Bagikan berita ini!