Connect with us

Kota Banjarmasin

Parade Perahu Hias Tandai Pembukaan Kongres Sungai III di Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Berbagai perahu hias memeriahkan pembukaan Kongres Sungai Indonesia III di Banjarmasin. Foto: Ammar

BANJARMASIN,  Mengusung tema “Sungai sebagai Pusat Peradaban”, Kongres Sungai Indonesia III yang berlangsung di Banjarmasin dibuka dengan parade perahu hias di Siring P Tendean, Rabu (1/11). Acara nampak begitu meriah dengan berbagai atraksi peserta di atas perahu yang diikuti 32 provinsi.

Berbagai perahu hias nampak berjajar di depan siring dengan segala ornamen. Bahkan ada perahu yang dihiasi botol-botol air minuman bekas sebagai wujud kritik atas pencemaran sungai belakangan ini.

Ketua Panitia KSI III, Syaiful Adhar mengatakan, acara dihadiri oleh beberapa wakil kementerian yang berhubungan dengan sungai dan tata ruang kota. Termasuk hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prawono.

“Semoga dengan adanya acara ini dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga sungai sebagai identitas kota Banjarmasin dan juga keberlangsungan kehidupan masyarakat dari segi ekonomi dan bersihnya air sungai”ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini, kata Syaiful bagi pemerintah Banjarmasin adalah untuk mengenalkan wisata sungai di Banjarmasin serta menyikapi kondisi sungai yang saat ini tercemar oleh limbah rumah tangga, pabrik, dan kebiasaan masyarakat sekitar sungai yang membuang sampah sembarangan saat berkegiatan di sungai.

KSI III  ini akan menindak lanjuti tentang rancangan kehidupan masyarakat sekitar sungai agar timbulnya kesejahteraan bersama di berbagai aspek, hal ini turut dibantu oleh Pemkot, Pemprov serta berbagai dinas dan kementerian yang bersangkutan dengan sungai, tambah syaful.

Kongres ini dihadiri oleh 1000 peserta dari 32 provinsi. Selama di Banjarmasin, peserta dan tamu undangan disediakan fasilitas makan, penginapan dan transport. Lebih utama adalah diajak wisata sungai martapura dan mengunjungi pusat wisata lokal. (Ammar)


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->