Connect with us

HEADLINE

Khidmat Haul ke-217 di Kubah Datu Kelampayan

Diterbitkan

pada

Suasana khidmat rangkaian Haul ke-217 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan. Foto : alkarim media 

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Ribuan jemaah rombongan dari Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar, memadati Kubah Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan, pada malam 5 Syawal 1444 Hijriyah atau Selasa (25/4/2023) malam.

Rangkaian kegiatan Haul ke-217 Datu Kalampayan sudah mulai digelar, sejak malam 3 Syawal 1444 H atau Minggu (23/4/2023) malam lalu.

Haul Datu Kelampayan terbagi di dua tempat yakni di Kubah Datu Kelampayan, Kecamatan Astambul dan di Masjid Tughfaturraghibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan, Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Rangkaian haul hari ketiga oleh rombongan Sekumpul dipimpin oleh Tuan Guru H Sa’adudin Salman yang berangkat ke Kubah Datu Kelampayan bersama ribuan jemaah yang tergabung dalam wilayah Sekumpul dan lainnya.

Baca juga: Pasca Lebaran Peziarah Padati Kubah Basirih, dari Hulu Sungai hingga Samarinda

Tuan Guru H Sa’adudin bersama Tuan Guru Muaz Hamid memulai kegiatan Haul ke-217 Datu Kelampayan dengan melaksanakan shalat Maghrib berjamaah.

Imam tetap Musholla Ar Raudhah Sekumpul itu memimpin shalat Magrib berjaamah, di mana pada shaf bagian nampak hadir KH Muhammad Hatim Salman, Bupati Banjar beserta Wakil Bupati Banjar.

Selepas Maghrib, jemaah melanjutkan kegiatan dengan membaca Dalail Khairat yang kemudian diteruskan dengan shalat Isya berjamaah.

Suasana khidmat rangkaian Haul ke-217 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan. Foto : alkarim media

Kemudian dengan dipimpin Guru Sa’adudin, ribuan jemaah melangsungkan pembacaan Maulid Al Habsy, tepat di samping pusaran makam Datu Kelampayan.

Jemaah mengakui kekhidmatan acara haul memang dirasakan sangat luar biasa, sehingga tak jarang jemaah dari luar kota hingga luar pulau datang untuk mengambil keberkahan kegiatan haul Datu Kelampayan ini.

“Saya dari Banjarmasin, Alhamdulillah bisa mengikuti kegiatan haul Datu Kelampayan tahun ini bersama rombongan Sekumpul,” ungkap Abdul Rahman kepada kanalkalimantan.com.

Abdul Rahman mengaku rutin mengikuti kegaiatan keagaaman, salah satunya juga menjadi jemaah yang sudah tiga kali mengikuti kegiatan haul Datu Kelampayan sejak sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Lima dari Enam Tahanan Kabur Berhasil Ditangkap

“Masyaallah. Setiap mengikuti haul selalu bersama ribuan jemaah, mudah-mudahan Allah mengambulkan segala hajat kita,” sambungnya.

Tak hanya sampai di situ, selepas kegiatan jemaah rombongan jemaah Sekumpul turut disuguhkan hidangan di Gang Taufik dan Gang Mahabbah Sekumpul Martapura.

Sementara itu rangkaian kegiatan Haul ke-217 Datu Kalampayan akan kembali berlanjut pada malam 6 Syawal 1444H atau tepatnya Rabu (26/4/2023) malam.

Rangkaian haul ini akan dilaksanakan oleh rombongan Tahfizd Martapura yang dipimpin oleh KH Wildan Salman atau Guru Wildan, bertempat di Kubah Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan Astambul, Kabupaten Banjar. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->