Connect with us

HEADLINE

Relawan Kelas Inspirasi Banjarmasin Berbagi Cerita di Lima Sekolah Dasar

Diterbitkan

pada

Tenaga profesional secara sukarela mengisi kelas inspirasi di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin, Sabtu (4/2/2023). Foto: Wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sekelompok profesional secara sukarela mengisi kelas-kelas di sejumlah sekolah dasar di Kota Banjarmasin selama satu hari, Sabtu (4/2/2023).

Mereka ingin memberi inspirasi kepada anak-anak di bangku sekolah dasar tersebut untuk berani memilki cita-cita dan tahu bagaimana cara menggapainya.

Kelas Inspirasi (KI) Banjarmasin tahun ini kembali hadir di 5 sekolah dasar di Kota Banjarmasin, setelah mengalami jeda akibat pandemi Covid-19.

Pada pelaksanaan Kelas Inspirasi ke-5 ini, tema yang dibawa adalah “Sehari Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi.”

 

Baca juga: 50 Kasus DBD di Banjarbaru Selama Januari, Terbanyak di Landasan Ulin Timur

Sebanyak 60-70 relawan yang datang terdiri itu terdiri dari relawan pengajar, relawan dokumentasi, dan relawan fasilitator.

Relawan pengajar dengan muatan informasi dan inspirasi tentang beragam profesi. Mayoritas sekolah yang didatangi berada di daerah pinggiran kota dengan akses yang terbatas.

Tenaga profesional secara sukarela mengisi kelas inspirasi di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin, Sabtu (4/2/2023). Foto: Wanda

“Relawan pengajar datang dari berbagai kalangan, ada dari dosen, akuntan, wartawan bahkan pesulap serta pegawai BUMN,” sebut Rida, relawan fasilitator.

Sebagai relawan fasilitator, Rida mengatakan, tugasnya ialah memfasilitasi komunikasi antara relawan pengajar dan dokumentator dengan pihak sekolah dan panitia lokal.

Baca juga: Traffic Light Jalan A Yani Km 17 Dipasang, Masih Banyak Pengendara yang Melanggar

Sementara relawan dokumentator berasal dari profesional maupun penghobi fotografi.

Rida menyebut SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin manjadi salah satu dari 5 sekolah yang didatangi karena sekolah tersebut memiliki lokasi yang strategis berdekatan dengan Hotel Banjarmasin Internasional (HBI).

“Kita ketahui jika lingkungan itu memang terkenal dengan tempat hiburan malamnya, maka dari itu kami ingin juga menambah angin segar dari pengaruh-pengaruh buruk lingkungan di sini dengan memberikan inspirasi profesi seperti sekarang,” jelasnya.

Tenaga profesional secara sukarela mengisi kelas inspirasi di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin, Sabtu (4/2/2023). Foto: Wanda

Dirinya bersama teman-teman KI Banjarmasin berharap kegiatan ini dapat berlangsung hingga tahun-tahun sebelumnya dan dapat lebih banyak mendapat rekrutan relawan, serta kepengurusannya dalam berjalan terus menenurus.

Baca juga: Ditarik Korban, Jambret di Sungai Andai Berhasil Dibekuk

Sementara itu, Syaidah Aisyiah, pejabat sementara pengganti Kepala Sekolah SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin berharap dari kegiatan ini dapat membawa anak-anak untuk lebih memandang jauh tentang profesi atau pekerjaan.

“Jadi tidak hanya terfokus pada pekerjaan yang mereka banggakan dan lihat saja seperti dokter pilot tetapi adalagi pekerjaan dan profesinya yang lebih menjanjikan yang bisa mereka terjun dan lakoni yang dekat dengan mereka,” harap Syaidah Aisyiah.

Dirinya ingin anak-anak lebih mengembangkan diri dan tidak malu dengan profesi apapun. Serta dapat melakoni profesi dengan tekun dan cermar.

“Nanti salah satunya akan menginspirasi mereka bahwa pekerjaan itu disyukuri dan dijalani, maka insyaallah sukses, walaupun tidak jadi guru maupun pegawai negeri,” tuntasnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->